Keindahan Prewedding Di Situ Patenggang

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam yang terlihat natural, sehingga tak dipungkiri lagi hampir masing – masing daerah memiliki keindahan alam tersendiri. Tidak terkecuali dengan Situ Patenggang di Ciwidey Bandung ini. Letaknya berlokasi di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau atau situ ini menyimpan pemandangan alam yang sangat  menakjubkan. Luas Situ Patenggang adalah sekitar 45.000 hektar yang dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh dan tanaman hias bunga anggrek.

Udara yang sejuk mampu menambah eksotik akan keindahannya. Dibalik suasana alam yang tenang, Situ Patenggang mencatat sejarah tersembunyi yang mengisahkan tentang kisah cinta Prabu Kean Santang dan Putri Dewi Renggamis. Kisah cinta mereka abadi dan dikenang hingga saat ini oleh ribuan pasangan kekasih yang berkunjung ke kawasan wisata ini buat memohon doa restu semoga saja hubungan asmara mereka langgeng adanya hingga memasuki perkawinan sakral yang abadi.

Kali ini kami akan berkesempatan untuk mengabadikan momen bahagia yang banyak dilakukan oleh pasangan pengantin usia muda untuk melakukan sesi foto pra – nikah ( prewedding photo ) berlatarbelakang panorama alam Situ Patenggang yang asri dan sangat indah dalam balutan kesunyian alam yang damai.

Kawasan wisata Situ Patenggang memiliki air yang jernih sehingga dapat menimbulkan efek refleksi yang bening dan jelas untuk masuk dalam frame foto menyambut matahari terbit di sela – sela kabut ketika pagi hari menyapa dan mampu menambah keindahan panorama alam yang sangat mempesona. Fasilitas yang tersedia adalah gazebo bisa menjadi unsur artistik terhadap foto – foto yang cantik untuk dimasukkan ke dalam frame foto prewedding pasangan pengantin baru.

Bandung, Tempat Wisata Sekaligus Tempat Prewedding Yang Menabjukan

Bandung merupakan sebuah kota yang sangat indah, dimana ada banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi buat liburan. Selain itu Kota Bandung kerap dipilih sebagai salah satu lokasi tercantik prewed yang unik dimana ada banyak destinasi tempat yang bisa anda pilih. Kota Bandung merupakan kota yang menyimpan segudang seni di setiap sudut kotanya.

Berikut ini kami akan merekomendasikan tempat – tempat yang bisa anda jadikan lokasi prewedding.

Maribaya

Maribaya sering dijadikan sebagai lokasi prewed berkonsep alam, dimana lokasinya terletak di Lembang yang berjarak kurang lebih 45 menit dari pusat Kota Bandung. Di sini terdapat sebuah Air Terjun Maribaya dengan ketinggian kurang lebih 2.5 meter yang cantik sekali diaplikasikan sebagai background foto prewedding. Alamatnya : Jalan Maribaya No. 105 / 212 Lembang, Bandung Utara.

Kawah Putih

Kawah Putih  ini berada di Ciwidey yang berjarak kira – kira 1 jam dari pusat Kota Bandung. Berkunjunglah pada waktu sore hari guna menyaksikan panorama alam berupa sunset untuk berfoto dengan background langit berwarna orange menyala. Alamat : Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Harga: Rp. 250.000.

Tebing Keraton

Tebing Keraton biasa disebut sebagai spot foto yang akhir – akhir ini sedang  hits di seputaran kota ini. Selain karena pemandangannya yang sangat indah, juga menguji adrenaline. Lokasinya berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda yang berada di Dago Atas dimana suasana di sekitar kawasan wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota yang sewaktu – waktu bagus buat acara berbelanja. Waktu yang paling tepat untuk berfoto adalah sore hari sebelum sunset. Alamat : Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan kawasan wisata yang memiliki pemandangan alam sangat memukau untuk melakukan foto prewedding. Salah satu hal favorit yang paling disukai adalah anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5,000 untuk berfoto berlatarbelakang pemandangan alam yang sangat indah ini. Alamat : Jalan Raya Tangkuban Perahu, Lembang, Bandung Utara. Harga: Rp. 300.000.

Situ Patenggang

Situ Patenggang  merupakan salah satu kawasan wisata yang bisa anda manfaatkan untuk berfoto di area kebun teh yang menghijau mengelilingi sebuah danau besar atau berfoto di danau dengan menyewa perahu tradisional yang banyak tersedia di sana. Untuk masuk ke sana, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 15,000. Alamat : Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Harga tiket masuk : Rp. 4,500 / orang.

Jalan Braga Dan Asia Afrika

Kawasan ini berlokasi tepat di tengah Kota Bandung. Keindahan kota tua ini akan tampil lebih menarik jika anda mau berfoto dengan tema vintage atau retro. Banyak tersedia gedung bersejarah seperti Gedung Asia Afrika maupun Gedung Merdeka.

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas terletak di daerah wisata Ciwidey, sekitar 2 km dari kawah putih. Ranca Upas menyuguhkan pemandaangan alam yang rata – rata masih perawan dan sangat indah dengan pemandangan perbukitan dan lahan savana yang menghijau di sepanjang tahun. Yang istimewa disini ialah terdapatnya penangkaran rusa liar yang dilindungi. Pengunjung yang liburan ke sini bisa berinteraksi langusng dengan rusa – rusa yang dirawat dengan telaten, jangan lupa untuk membawa wortel yang bisa dibeli di sekitar tempat wisata ini. Biaya masuk ke Bumi Perkemahan Ranca Upas sebesar Rp. 50.000 / mobil dan bagi anda yang ingin membeli pakan wortel diberi harga sebesar Rp. 10.000 / bungkus.

Kebun Teh Walini

Jika anda ingin melakukan foto prewed berkonsep perkebunan, maka Kebun Teh Walini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi yang cocok. Perkebunan teh yang asri dan sejuk ini menjadi alasan mengapa Kebun Teh Walini sering menjadi pilihan lokasi prewedding photoshoot. Selain itu, di lokasi ini banyak terdapat tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti pemandian air panas dan juga permainan Flying Fox. Sekalian anda berfoto dan bermain – main khusus buat anak – anak.

Stone Garden

Jika kamu dan pasangan mu sama-sama pencinta alam Stone Garden ini mungkin adalah tempat yang paling tepat. Walaupun lokasi ini jarang digunkan untuk lokasi prewed dibandingkan lokasi lainnya Namun tempat ini memiliki keunikannya sendiri. Taman yang berisi bebatuan ini memang letaknya agak jauh dari pusat Kota Bandung. Yaitu terletak di puncak Gunung Pawon yang berjarak 1-2 jam dari kota Bandung. Alamat: Puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab. Bandung Barat

Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda ingin melakukan foto prewedding dengan tema hutan pinus. Meskipun namanya hutan, sebenarnya lokasi ini berjarak sangat dekat dari pusat Kota Bandung. Di tempat ini ditumbuhi oleh banyak sekali pohon pinus, letaknya yang berada di wilayah Dago Atas dengan suasana yang sejuk nan asri mampu menjamin anda betah lama – lama liburan di sini. Alamat : Jalan Ir. H Juanda, Lembang, Jawa Barat, 40391. Harga tiket masuk : Rp. 10,000 per orang.

Situ Patengan ( Patenggang ) Kota Bandung

Wisata Alam Situ Patengan ( Patenggang ) Kota Bandung  merupakan sebuah danau yang lokasinya berada di kawasan wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, lebih tepatnya di Ciwidey. Terletak pada ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan air laut, danau ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotik dan indah sekali.

Legenda dan Mitos Situ Patenggang

Berdasarkan informasi yang berasal dari lokasi wisata secara langsung, nama Situ Patenggang adalah berasal dari Bahasa Sunda, pateangan – teangan yang artinya saling mencari. Mengisahkan tentang cinta antara Putra dari Prabu dan Putri dari titisan Dewi yang besar bersama dengan alam nan asri, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka terpisahkan oleh waktu untuk sekian lamanya. Karena rasa cinta yang begitu mendalam, merekapun pada akhirnya saling mencari dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat yang sangat menawan hati hingga saat ini tempat tersebut dinamakan dengan “Batu Cinta”. Dewi Rengganis minta dibuatkan sebuah danau dan satu perahu dari kayu yang banyak tumbuh di sekitar danau, ia menghendaki mereka harus berlayar bersama. Perahu inilah yang kelak menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati ( diberi nama Pulau Asmara / Pulau Sasaka ). Menurut cerita selanjutnya, mereka yang pernah singgah di “Batu Cinta” dan berhasil mengelilingi Pulau Asmara ini, akan diberkahi cinta yang abadi seperti cinta mereka.

Apa yang bisa anda lakukan di sini ? Menikmati keindahan dari panorama alam yang berlokasi di sekeliling danau dengan naik speed boat, perahu dayung warna – warni, sepeda air, dan genjot bebek yang disewakan di sekitar area danau. Terdapat juga jajaran kios pedagang yang khusus menyediakan jajanan khas Ciwidey seperti buah – buahan segar khas Kota Bandung, ada buah strawberry, semangka kotak, melon, mangga, anggur dan jeruk, juga terdapat beragam fasilitas lainnya seperti area parkir, mushola,  MCK dan rumah makan yang menyuguhkan masakan Nusantara. Usai keliling kawasan wisata, diharapkan para pengunjung dapat selalu mengingat pesona alam terhadap keindahan yang natural dari Situ Patenggang yang luasnya mencapai sekitar 60 Ha, seperti layaknya area Perkebunan Teh Rancabali yang terhampar luas beserta kawasan hutan pinus dan cagar alam Patenggang yang di sepanjang tahun terlihat asri dan sejuk.

Alamat Lokasi Dan Petunjuk Arah menuju Situ Patenggang

Kawasan Situ Patenggang ini berlokasi di Desa Patenggang, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, dimana kawasan ini jaraknya sekitar 48 km menuju ke arah selatan dari pusat Kota Bandung. Jika anda dating dari Bandung, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan langsung menuju kawasan Situ Patenggang melewati Kota Ciwidey. Bagi para pengunjung yang memanfaatkan jasa angkutan umum, dapat menggunakan dua alternatif angkutan mulai dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung, yaitu naik bus menuju jurusan Bandung – Ciwidey atau menaiki angkutan kota sampai ke terminal Ciwidey, dari terminal Ciwidey dilanjutkan dengan naik angkutan pedesaan menuju ke Kawasan Situ Patenggang.

Harga Tiket Masuk Ke Situ Patenggang

Untuk memasuki kawasan Situ Patenggang, para pengunjung wajib dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 4000,- per orang. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000,- untuk setiap mobil. Harga akan berubah sewaktu – waktu sesuai dengan ketentuan dari pengelola wisata alam Situ Patenggang. Selamat berlibur !

Itulah ulasan Bandung, Tempat Wisata Sekaligus Tempat Prewedding yang Menabjukan, semoga daftar tempat diatas dapat jadi referensi lokasi foto prewedding yang akan kami pilih yaaa.

Baca Juga : Situ Cilembang, Surga Biru Yang Tersembunyi Di Tanah Sumedang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme