Kenapa Anda Menyukai Pizza

Semua orang pastilah menyukai pizza hangat yang mengepul dengan aroma keju menyengat hidung, meleleh di atasnya. Di seluruh dunia, dikenal ada ribuan variasi jenis pizza, merupakan roti bundar dengan macam – macam varian taburan di atasnya yang mampu menjamin siapa saja menikmati pastilah merasa ketagihan.

Saat ini pizza sudah menjadi salah satu makanan favorit bagi penduduk di Indonesia. Anda bisa melihat kondisi ini, ada banyak restoran atau swalayan yang menyediakan gerai khusus atau stand makanan siap saji seperti pizza sebagai salah satu menu makanan mereka untuk sarapan pagi atau camilan ringan menjelang makan siang. Bahkan pada beberapa kota besar, pizza bisa dipesan dengan memanfaatkan jasa delivery pizza, dimana anda cukup menghubungi mereka melalui Hp / telpon dan memesan melalui situs web.

Pertama kali pizza berasal dari Negeri Italia. Dalam Bahasa Italia, pizza memiliki arti berupa makanan kudapan ringan menyerupai pai, kue, atau tart. Di sini, pizza disiapkan berdiameter 30 cm bahkan ada juga yang lebih dari ukuran tersebut. Proses pemanggangannya menggunakan bara api yang bertujuan untuk menjaga kelezatan dari rasa pizza tetap gurih dengan variasi topping dan bumbu pelezat terutama keju. Pizza berbentuk menyerupai roti bundar yang pipih, selanjutnya dipanggang menggunakan oven. Bahan dasar membuat pizza adalah roti biasa yang diberi rasa tambahan berupa olesan mentega, pasta bawang putih, irisan daun herbal, atau taburan wijen.

Seperti dijelaskan di atas, pada umumnya bentuk pizza berupa roti bundar dan pipih yang dipanggang dengan menggunakan oven dalam beragam ukuran, saat ini banyak tersedia di toko – toko kue, restoran, swalayan, hingga kedai angkringan. Roti sebagai dasar membuat pizza dibuat dari bahan roti biasa saja, namun agar bercita rasa istimewa maka diberi rasa tambahan dengan olesan mentega, pasta bawang putih, campuran irisan daun tanaman herbal, atau wijen. Selanjutnya di atasnya bisa diberi tambahan berbagai macam bahan – bahan lain dikenal dengan istilah topping seperti daging ayam cincang bumbu kecap manis, seafood beserta saos pilihan, daging sapi, atau campuran daging dan sayur. Bahkan saat ini pada beberapa restoran di kota – kota besar, sudah banyak tersedia pilihan menu pizza dengan beragam rasa yang bisa anda pesan di restoran pizza di kota tersebut. Untuk dapat merasakan sensasi makan pizza yang luarbiasa istimewa maka pesanlah pizza yang masih hangat. Meskipun demikian, pizza juga bisa anda nikmati dalam keadaan dingin, misalnya kalau anda bawa untuk bekal ke kantor atau pun sekolah anak – anak.

Selain rasanya enak dan ringan, pizza mengandung nilai gizi bergantung dari apa yang anda pilih sebagai isiannya. Ada olesan saos tomat mengandung vitamin C dan vitamin A. Sayur – sayuran yang mengandung banyak vitamin dan serat, sedangkan keju bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pizza juga mengandung garam dan lemak jenuh yang berbahaya jika anda terlalu sering mengkonsumsi. Kandungan lemak dalam pizza biasanya tergantung dari taburan keju parut di atasnya. Kebanyakan pizza mengandung keju dengan kandungan lemak jenuh yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung anda. Seiris pizza keju yang anda santap sebagai sarapan pagi mengandung 17,9 gram lemak, 6,2 gramnya adalah lemak jenuh. Sementara pizza dengan taburan sayur dan daging mengandung sekitar 20,6 gram lemak, 7,3 gramnya adalah lemak jenuh.

Umumnya pizza di Indonesia memiliki cita rasa asin dan gurih. Namun pada jenis – jenis tertentu ada pizza yang mengandung gula. Satu iris pizza keju sebagai camilan ringan atau sarapan pagi mengandung 5 gram gula, sedangkan pizza sayuran diketahui mengandung 7 gram gula. Vitamin K di dalam adoanan dasar membuat pizza berperan penting untuk fungsi membekukan darah. Vitamin ini dikenal dapat menyehatkan tulang. Namun, seiris pizza tidak akan mampu memberikan asupan yang mencukupi untuk kebutuhan vitamin K keseluruhan terhadap tubuh anda, apalagi jika anda adalah seorang remaja yang sedang melakukan diet, disarankan menyantap pizza yang dibekukan dimana pizza jenis ini akan mengurangi jumlah vitamin K yang terkandung di dalamnya.

7 Jenis Pizza Terlezat Dari Seluruh Penjuru Dunia

Pizza adalah salah satu makanan yang memang sengaja diciptakan agar disukai oleh banyak orang di dunia dengan multifungsi sebagai camilan ringan sekaligus menu utama santap makan siang atau makan malam. Meskipun terdengar berlebihan, sekarang pizza sudah tidak identik lagi dengan kuliner khas warga Italia. Pizza tidak lagi sekadar sebagai adonan dough yang diberi topping keju, saus tomat, dan irisan pepperoni. Perkembangan pizza telah mampu berakulturasi kepada banyak kultur sehingga menjadikan pizza memiliki tampilan yang berbeda – beda di berbagai belahan dunia ini.

Jika anda adalah penggila pizza, tujuh jenis pizza di bawah ini wajib untuk anda kenal dan coba.

  1. Crab n Cheese Pizza – Hungaria

Bagi anda penyuka ragam sajian berupa daging kepiting, maka wajib untuk mencicipi crab n cheese pizza terutama saat anda berkunjung ke Hungaria. Berbeda dengan pizza regular yang banyak tersedia di Italia dan sekitarnya, adonan rotinya tebal seperti bakery dengan cita rasa gurih dari perpaduan antara keju dan bawang putih. Untuk topping, pizza ini menghadirkan irisan besar daging kepiting yang dipadukan dengan krim / saos asam pedas dan parutan keju cheddar.

  1. Manakish – Libanon

Kudapan sejenis flat bread ini dibuat dengan mengaplikasikan komposisi yang sederhana namun bercita rasa unik dan mampu mengenyangkan perut saat anda mengkonsumsinya. Pada umumnya adonan manakish diberi bumbu terlebih dahulu dengan bumbu super pedas, selanjutnya ditaburi keju parut dan tetesan minyak zaitun serta bubuk rempah lainnya.

  1. Zapiekanka – Polandia

Merupakan jajanan kaki lima yang banyak memiliki penggemar dan sangat populer di Polandia, terbentuk sebagai akulturasi antara pizza dan sandwich. Sebenarnya zapiekanka terbuat dari roti baguette yang dibelah dua sama besar, dimana pada bagian tengahnya ditaburi dengan topping berupa keju, mustard, irisan bawang bombay, pasta bawang putih dan irisan jamur. Setelah dipanggang, zapiekanka bisa langsung disantap dengan olesan saus tomat dan saos sambal.

  1. Okonomiyaki – Jepang

Bagi anda yang menyukai sajian dari Jepang, maka sudah tak asing lagi dengan sajian khas Jepang yang satu ini, memadukan bahan membuat pancake dan pizza. Di Jepang sendiri, varian topping okonomiyaki sangat banyak dan berbeda – beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Namun, secara garis besar, topping okonomiyaki terdiri atas irisan kol segar, daging sapi / babi cincang dibalur saos khusus, bonito flakes (irisan tipis ikan bonito asap), telur, dan saus okonomiyaki.

  1. Flammkuchen – Jerman

Sekilas pandang menyerupai tarte flameé karena bahan membuat pizza ini adalah sama – sama menggunakan crème fraîche. Namun, versi Jerman menggunakan tambahan topping berupa bacon asap dan fromage blanc atau quark yang memiliki tekstur dan cita rasa seperti adonan dasar membuat roti dicampur dengan yogurt.

  1. Tarte Flameé – Prancis

Istilah tarte flameé mengandung makna serupa dengan pizza, yakni adonan roti yang dipanggang bertekstur tipis lalu ditaburi dengan topping crème fraîche (krim / saos asam khas Prancis), irisan bawang bombay, dan lardons (berupa irisan atau potongan dadu lemak babi yang diolah dengan cita rasa serupa bacon beserta bumbu khusus).

  1. Pizza Berlusconi – Finlandia

Namanya sering dihubungkan dengan sosok mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, yang pasti jenis pizza terakhir ini sangat populer di negara asal ponsel legendaries, Nokia. Topping pizza ini menyerupai dengan pizza biasa pada umumnya, yakni diberi baluran saus tomat, keju, jamur chanterelle, dan irisan bawang bombayr. Hal yang membuat pizza ini terlihat unik adalah adanya campuran irisan dendeng rusa kutub yang bercita rasa khas yaitu gurih dan manis dengan aroma berasap yang menyengat hidung dan mampu menggugah selera makan anak – anak.

 

Pizza Bali Dengan Rasa Italia

Kalau dilihat dari kategori pizza tersebut di atas, beberapa restoran yang ada di Pulau Bali sering menyuguhkan menu Italian Pizza dimana pizzanya cenderung tipis namun bercita rasa kelas resto hotel bintang 5. Di dalam restoran ini anda juga bisa membeli aneka macam keju import dalam kemasan menarik dengan berbagai ukuran dan merk serta cita rasa khas.

Tidak hanya menonjol dalam hal menu berupa pizza, furnitur yang dipakai pada restoran pizza Bali ini mayoritas adalah terbuat dari kayu, begitu juga dengan buku menu dan ornamen restoran lainnya yang tampil serasi memadupadankan elemen kayu yang menjadi material dominan di dalam ruangan restoran.

Bagi anda yang ingin mencicipi menu lain selain pizza, restoran ini menyuguhkan variasi pasta dengan ukuran small dan regular dalam beragam harga yang masih bisa terjangkau oleh remaja, berikut ini adalah beberapa menu dan daftar harga yang ditawarkan :

  • Foccacia & Mozzarella – Rp. 19.000 (S) & Rp. 26.000 (R)
  • Pizza Siciliana – Rp. 25.000 (S) & Rp. 38.000 (R)
  • Pizza Messicana – Rp. 30.000 (S) & Rp. 44.000 (R)
  • Spaghetti Puttanesca – Rp. 40.000
  • Spaghetti Aglio E. Olio – Rp. 28.000

Untuk dapat menikmati pizza Bali seperti aslinya di Italia, disarankan untuk membubuhkan bubuk cabe kering dan baluran saus tabasco di atas pizza sesuai selera anda karena ini akan membuat cita rasa pizza semakin enak. Anda tinggal masuk ke dalam restoran, lalu memilih meja dan menunggu sekitar 15 menit berlalu, maka pesanan pizza Bali sudah sampai di meja dan pastinya siap untuk disantap.

Bagi anda yang sedang liburan di Denpasar, Bali, sempatkanlah mampir ke restoran pizza Bali yang terkenal dengan ragam pizza dengan varian topping dari sayur dan buah – buahan segar. Petunjuk termudah untuk mencapainya adalah mengikuti jalan lurus ke arah Ubud, beberapa jam kemudian anda akan menemukan restoran ini.

Seniman Coffee Studio

Restoran lain terekomendasi buat menikmati pizza Bali ala pizza Italia adalah Seniman Coffee Studio yang berlokasi di gang tikus tak jauh dari jalan utama di Ubud, tempat ini merupakan surga bagi para pecinta kopi. Konsep semi – open terhadap bangunannya menyebabkan para pengunjungnya bisa menikmati kopi sambil menyantap sepiring pizza Bali dengan menghirup udara segar di pagi hari dari alam sekelilingnya akan membuat liburan anda lebih ceria. Menyajikan kopi dari olahan sendiri dalam kedai ini dilengkapi dengan perabotan yang khusus dibuat oleh warga lokal sehingga terlihat unik.

Alamat lengkap restoran ini di Jalan Sriwedari No. 5, Ubud, telepon 0361 972085

Demikian kami mengulas dengan singkat, semoga bermanfaat bagi anda penggila pizza.

Baca Juga : Keindahan Prewedding Di Situ Patenggang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme