Mutiara Lombok

Mutiara Lombok – Mutiara Lombok biasanya dibuat dirangkai menjadi aneka perhiasan yang cantik dan mampu menarik sekelompok wanita untuk mengkoleksinya, ada pula yang dijual per kilogram dalam bentuk butiran saja yang nantinya diolah menjadi beragam perhiasan yang laku dijual mahal. Mutiara ini ada sekitar 2 jenis yaitu mutiara air laut dan air tawar. Ada beberapa cara untuk mengetahui dan mengetes apakah mutiara tersebut asli atau palsu dan hanya bisa dilakukan oleh tukang mas.

Mutiara saat ini telah menjadi salah satu suvenir khas Lombok, NTB, yang diburu oleh para wisatawan asing. Nah, sebelum anda berangkat ke Lombok buat berburu wisata belanja perhiasan mahal dan unik, simak dulu cara mudah berikut ini untuk mengetahui apakah keaslian mutiara Lombok benar – benar sempurna.

” Dibakar, kalau asli kan dia tidak meleleh, ” ujar Haeruji, seorang pemilik kios mutiara di Pasar Seni Senggigi kepada detikTravel di Lombok Barat, NTB, Minggu (12/4/2015) kemarin. Haeruji memperagakan cara membakar salah satu mutiara laut yang telah menempel di cincin. Ia meraih cincin tersebut lalu membakar mutiara yang menempel di atasnya dalam waktu beberapa detik.

Selanjutnya anda bisa melihat pria ini menunjukkan bahwa mutiara tersebut tidak berubah bentuknya sedikit pun setelah dibakar, dan ini bisa dikategorikan sebagai mutiara asli. Selain dengan dibakar, ada lagi cara – cara lainnya, yaitu dengan menggigit mutiara. Dia menjelaskan bahwa kalau mutiara itu asli, baik itu mutiara air laut atau air tawar maka akan mengeluarkan suara seperti berderit halus. Selanjutnya cek permukaan mutiara tersebut tidak terasa licin dan tak mudah tergores. Untuk harga jualnya, mutiara air laut saat ini memang lebih mahal daripada mutiara air tawar. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Sedangkan mutiara air tawar memiliki nilai jual yang lebih murah.

Perhiasan dari mutiara air tawar bisa diperoleh dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Misalnya, sebuah cincin dijual dengan harga Rp 40 ribu bertahtakan sebutir mutiara. Tetapi, jika ada penjual yang berani memberikan harga lebih murah dari harga jual ini, anda patut waspada karena bisa menjadi yang dijual adalah mutiara palsu.

Harga Mutiara Asli Dan Cara Mengetahui Kualitas Perhiasan Mutiara Lombok

Harga mutiara asli pada perhiasan mutiara lombok haruslah anda perhatikan mengenai kualitasnya yang dengan mudah bisa dilihat tanda awal adalah harga mutiara asli tersebut cukup mahal. Apakah anda sudah mengerti tentang cara menganalisa kualitas mutiara ? Anda perlu mempelajari tentang aspek apa saja yang dapat berpengaruh di dalam penentuan kualitas dan harga mutiara asli khususnya mutiara dari Lombok. Walaupun belum ada sistim grade kualitas yang resmi untuk mengetahui dan menentukan harga mutiara asli (seperti layaknya “4C” untuk diamond / intan ), namun ada beberapa karakteristik yang dapat mempengaruhi nilai harga mutiara dan kualitas mutiara yang perlu anda perhatikan sebelum benar – benar mengambil keputusan untuk membeli.

Panduan harga mutiara yang akan anda pelajari nanti berlaku juga untuk beragam jenis mutiara seperti mutiara air laut, mutiara air tawar, mutiara hitam, mutiara Lombok, entah itu per gram atau butiran sehingga memudahkan anda untuk menganalisis mutiara asli.

Mutiara merupakan salah satu suvenir khas Lombok, NTB yang diburu wisatawan asing hingga saat ini. Nah, sebelum berangkat ke sana ada baiknya anda simak artikel kami tersebut di atas untuk mengetahui keaslian mutiara Lombok. Mutiara Lombok pada umumnya dirangkai dengan menjadi aneka perhiasan nan cantik, ada pula yang dijual per kilogram dalam bentuk butiran saja yang terdiri dari 2 jenis, yaitu mutiara air laut dan air tawar.

Baca Juga : Menjaga Budaya Lewat Bisnis Souvenir Khas Betawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme