Fakta unik tentang Permen

Permen merupakan salah satu cemilan ringan yang wajib dibawa dalam tas saat anda sedang keluar rumah, mulai dari anak – anak, remaja bahkan para orang tua menyukai cemilan manis ini. Selain bentuk dan rasa yang beraneka ragam, permen dapat berfungsi sebagai penetralisir bau mulut tak sedap. Makan permen boleh, tapi dianjurkan seperlunya saja karena permen termasuk golongan junk food atau makanan sampah yang kurang mengandung zat gizi.

Menurut jenisnya, ada beragam permen di dunia ini. Misalnya  permen karet, permen jeli, permen empuk, permen kristal, permen buah, permen susu dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada juga permen cokelat atau permen karamel yang dibuat dari bahan dasar gula yang diproses melalui pemanasan hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

Bahan yang terkandung dalam sebutir permen adalah :

Sukrosa dan glukosa

Komponen utama permen adalah gula putih yang dalam bahasa ilmiahnya disebut sukrosa. Beberapa jenis permen dibuat bercita rasa manis lantaran mengandung sukrosa atau gula pasir. Hal inilah yang menyebabkan mengapa permen juga disebut gula – gula. Sedangkan glukosa yang terkandung di dalam permen bermanfaat untuk memperbaiki tekstur permen agar terasa lebih lembut saat dinikmati.

Sakarin atau siklamat

Sakarin adalah gula buatan yang menghasilkan rasa manis yang amat sangat terhadap permen yang anda kreasikan. Gula buatan ini pada umumnya menimbulkan rasa pahit / getir di lidah setelah dikonsumen. Maka dari itu, sakarin sekarang jarang digunakan.

Asam malat atau asam sitrat

Merupakan asam organik yang ditambahkan pada adonan membuat permen hingga memberi rasa asam atau segar seperti buah jeruk, stroberi, anggur atau rasa buah lainnya. Ketika anda makan permen ini seolah – olah anda mengonsumsi buah – buahan tersebut.

Zat pewarna

Sebagai pemikat, ke dalam pembuatan permen harus ditambahkan zat pewarna. Misalnya, warna merah menggunakan erythrosin atau karmin, sedangkan warna kuning adalah tartazin.

Zat tambahan lainnya

Kadang – kadang permen juga mengandung zat tambahan seperti susu. Namun presentase kandungannya dalam jumlah kecil sekali karena biasanya hanya dimaksudkan sebagai pencita rasa saja.

Efek negatif

Beberapa jenis permen ada yang menggunakan ekstrak kopi, vanili, lemak nabati ataupun lemak sayuran, lecitin (merupakan zat yang banyak terdapat dalam kacang kedelai). Ada juga permen yang mengaplikasikan tambahan berupa zat serat, terutama serat larut air seperti gel.

Pada dasarnya kandungan kalori di dalam satu butir permen jumlahnya cukup rendah yaitu sekitar 20 – 30 kalori. Selain kalori, permen tidak begitu banyak mengandung gizi meskipun kelebihan kalori yang dikonsumsi akan ditumpuk ke dalam bentuk cadangan lemak yang menyebabkan anak – anak kelebihan berat badan jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Dimana sudah menjadi rahasia umum apabila kegemukan erat kaitannya dengan penyakit kencing manis dan gangguan jantung. Sehingga dalam hal ini permen termasuk golongan junk food alias makanan sampah yang miskin akan zat gizi seharusnya dikonsumsi seperlunya saja.

Wedding Ideas : Jadikan Dessert Anda Sebagai Souvenirs

Bukan hanya kue, ternyata coklat dan permen saat ini bisa dijadikan sebagai salah satu opsi dimana di dalam cokelat terdapat zat endorphin yang dapat menyebabkan anda merasa bahagia ? Selain dapat menjadikan cokelat sebagai salah satu tanda terima kasih atau hadiah kepada tamu undangan, sekaligus anda bisa membagikan rasa bahagia kepada mereka. Tersedia beberapa pilihan cokelat yang bagus untuk dijadikan sebagai hadiah seperti cokelat “ godiva ” sebagai pilihan di hari pernikahan anda. Selain packagingnya yang menarik, rasa dari cokelat asal Belgia ini sangat lezat dan menjamin anak – anak bahkan orang dewasapun menyukainya. Dessert atau yang disebut dengan istilah populer adalah makanan pencuci mulut ternyata berguna sebagai souvenir atau tanda terima kasih yang bisa anda bagikan untuk para tamu undangan yang dapat dibawa pulang berupa sekotak cupcakes sebagai souvenir. Anda dapat menata bingkisan coklat dan permen tersebut di samping piring saji atau gelas. Bingkisan yang digunakan ini bisa disesuaikan dengan tema pesta, agar suasana di dalamnya terkesan eksklusif, masing – masing bingkisan dapat diberikan nama.

Sedangkan untuk permen, anda dapat menggunakan permen sticky. Franchise dari permen ini berasal dari Australia yang bisa disajikan di dalam sebuah jar yang sudah diberikan tanda “ thank you ”, atau anda juga bisa menambahkan detail pernikahan anda. Produk utama dari sticky adalah rock candy, dimana terdapat beberapa pilihan rasa buah, potongan permen yang kecil – kecil seperti cokelat susu dan rasa yang lainnya. Warna – warnanya menarik serta praktis, tentunya akan sangat berguna bagi tamu undangan anda.

Seperti yang kami rekomendasikan dari acara – acara yang diselenggarakan oleh Baby Bash theAsianparent, dikenal satu dessert table cantik yang dapat menyita perhatian para orangtua yang berkunjung di dalamnya. Meja – meja tersebut berisi aneka cup cake, permen, kue, dan banyak lagi yang lainnya. Dessert table menjadi tren yang wajib ada di pesta – pesta, saat ini. Di acara Baby Bash tersebut, theAsiaparent memiliki koleksi dessert table cantik dari MYlist Event Stylist. Selain karena menawan, banyak tamu yang merasa enggan menyantapnya karena khawatir kerusakan sedikit sehingga semua makanan terlihat utuh hingga akhir acara. Yang sebenarnya kue – kue tersebut boleh dimakan, ibu – ibu, bapak – bapak, hingga anak – anak silahkan mencoba. Semuanya bercita rasa enak. Saking cantiknya, dessert table tersebut, banyak pengunjung Baby Bash yang menyelenggarakan acara – acara pesta tersebut sepanjang tahun tak tahu bahwa semua makanan dan minuman yang tersedia di meja adalah asli dan bisa dimakan, dimana meja panganan bisa berfungsi menjadi booth foto.

” Semua pesanan customer adalah permintaan khusus yang designnya hanya satu saja. Customer lain akan kami buatkan design khusus lainnya. Semua dessert table di tempat kami bisa di custom, ” terang Milka, salah satu staff yang khusus menangani acara Baby Bash.

Selain menonjolkan desain meja, mereka juga melayani permintaan jenis – jenis makanan tertentu akan tersaji di atas meja, ” Karena kami membuat semua makanan sendiri. Dari mulai camilan, permen, snack , cake , hingga ornamen lainnya, ” tambah Yiska, rekan kerja Milka. Mereka selalu unggul karena memproduksi makanannya sendiri sudah menjamin bahwa makanan yang tersaji di atas dessert table seluruhnya aman dan sehat untuk anak – anak karena tidak mengandung banyak gula, dan perhatikan kualitas  bahan  yang digunakan haruslah bagus. ” Jadi, hasil akhir makanan yang kita sediakan nantinya tak hanya enak dipandang mata, tapi juga aman dan enak di lidah, ” ujar Milka. Apabila anda berminat untuk mencari tahu lebih luas tentang dessert table, maka anda bisa berkonsultasi dengan menghubungi Instagram mereka di @mylist_event. Atau bisa juga kontak line di @mylist.event, Facebook : MYlist Event, dan email di mylistevent@gmail.com. Selain menangani acara – acara ulang tahun, MYlist Event Stylist juga menghadirkan acara wisuda, tahun baru, halloween, pertunangan, dan acara yang berkesan lainnya di hidup seseorang bersama dengan teman – teman atau anggota keluarga.

Dessert Menggoda Selera

Meskipun pada umumnya dessert disajikan sebagai makanan penutup, saat ini dessert sering kali diaplikasikan sebagai makanan utama yang banyak memiliki penggemar dari anak – anak hingga orang dewasa, apalagi saat sedang berada dalam perjamuan makan malam. Dessert disajikan  pada resepsi pernikahan, arisan, hangout bersama teman – teman atau sekedar duduk – duduk santai di waktu luang bersama keluarga. Semua orang menyukai dessert atau makanan penutup, karena dessert adalah salah satu makanan favorit yang memiliki cita rasa enak dan ringan. Selain rasanya yang unggul, biasanya dibarengi dengan tampilan yang menarik. Benar – benar mampu menggoda selera sehingga tak cukup hanya satu saja bila anda ingin mencicipinya.

Hidangan penutup atau dessert terdiri dari makanan yang rasanya serba manis, meskipun ada beberapa makanan yang memiliki cita rasa kuat seperti keju. Dessert biasanya disetting informal dan harus menarik terutama mampu memikat anak – anak agar mau mencicipi.

Beberapa  contoh sajian dari hidangan penutup atau dessert beserta cara memasak di rumah :

Cara Membuat Permen Apel Jepang (Ringo Ame)

Sejarah asal usul mula dari permen apel yang populer hingga mancanegara ini adalah menurut beberapa sumber, Amerika William W. Kolb adalah orang pertama yang berkreasi dan menemukan resep dari permen apel ( ringo ame ) ini. Resep permen apel Jepang ( ringo ame ) sangat sederhana sehingga siapa saja dapat membuat di rumah, dimana bisa dengan mudah anda jumpai pada acara – acara festival masakan di Jepang. Tentu anda pernah lihat ringo ame atau apple candy yang merupakan permen apel khas Jepang dengan bentuk sederhana tapi unik dan trendy hingga ada ringo ame anime. Buah apel merah berukuran sedang dilapisi karamel ini merupakan kreasi sempurna dari seorang pembuat permen dari Newark, produksi pertamanya dilakukan pada tahun 1908 dijual di toko – toko permen miliknya, ada red cinnamon candy atau permen kayu manis untuk menyambut perayaan besar Natal, ia mencoba mencelupkan beberapa apel ke dalam campuran karamel lalu menempatkan mereka di jendela dekat pohon Natal untuk pajangan tamu yang berkunjung.

Ringo ame atau yang dalam Bahasa Indonesia artinya permen apel atau apel kaca dan dalam Bahasa Inggris bernama apple candy atau Japanese toffee apple adalah jajanan yang sering ditemukan pada Festival Masakan Jepang. Yang menjadi istimewa adalah permen apel karamel ini tahan lama hingga berminggu – minggu tanpa membusuk dalam suhu ruang kamar tidur dikarenakan ada lapisan karamel (caramel) dari gula pasir yang membalut buah apel tersebut.

Berikut resep permen apel Jepang ( ringo ame / Japanese caramel apple candy ) sebagai sajian sedap istimewa lengkap dengan cara membuat sendiri di rumah ala rumahan ( homemade ) yamg mudah dan praktis.

Resep Permen Apel Ala Jepang ( ringo ame )

Bahan – bahan tersedia adalah :

  • 3 buah apel merah manis dan renyah banyak air ukuran sedang
  • 3 buah sumpit kayu

Baham topping karamel :

  • 300 ml gula pasir
  • 100 ml air dingin
  • 1 sdm pewarna makanan warna merah

Cara membuat permen apel ( ringo ame ) :

  1. Cuci dan bersihkan buah apel merah dengan air es hingga benar – benar bersih.
  2. Tusuk buah apel dengan menggunakan sumpit kayu. Sisihkan.
  3. Masukkan gula pasir dan air dingin ke dalam panci kecil lalu masak hingga mendidih sambil aduk – aduk hingga gulanya mencair dan karamel kental.
  4. Masukkan satu sendok makan pewarna makanan warna merah ke dalam campuran karamel tadi, kemudian aduk hingga tercampur dengan sempurna.
  5. Celupkan buah apel satu per satu ke dalam karamel dan pastikan karamelnya menutupi buah apel dengan merata dan sempurna.
  6. Diamkan hingga karamelnya mengeras dan siap dinikmati.
  7. Sajikan untuk 5 buah, permen apel ringo ame.

Tips dan tricks :

Anda juga dapat menambahkan topping berupa kacang kenari, kacang mete atau kacang tanah yang dicincang kasar, coklat, meises coklat warna – warni, dll, agar tampilan ringo ame semakin unik dan lebih menarik untuk dinikmati anak – anak.

Demikian kami mengulas semoga bermanfaat !

Baca Juga : Pantai Santolo, Pesona Yang Tersembunyi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme