Perbedaan Dan Perubahan Pada Android Lollipop

Akan ada keseragaman tampilan pada ponsel, tablet atau mungkin terhadap tampilan komputer anda yang menggunakan Android. Pihak Google sekarang ini sengaja melakukan keseragaman desain semacam itu untuk mensinkronkan lintas platform sehingga lebih mudah untuk dijalankan. Sekedar informasi, sebenarnya keseragaman tampilan semacam ini sudah sering dilakukan oleh Apple dan Microsoft jauh – jauh hari.

Tampilan Tombol Navigasi

Masih seputar tampilan, kali ini kami akan pindah ke menu navigasi dengan mempertahankan tiga tombol, yaitu Back, Home dan Recent App. Tetapi di Android Lollipop nanti anda akan disuguhkan tampilan baru yang lebih canggih yaitu bentuk segitiga untuk navigasi back, lingkaran untuk navigasi home dan untuk recent app diwakili oleh bentuk kotak. Cocok untuk anak – anak seperti mereka sedang bermain PlayStation.

Tampilan Gmail

Dampak tampilan juga berimbas pada Gmail selaku penyedia layanan elektronik mail milik Google. Desainnya kaya akan warna – warna menarik dengan avatar yang terlihat berbeda – beda.

Notifikasi

Jika pengguna Android KitKat harus melihat notifikasi dengan cara menyekrol layar ke bawah, maka untuk Lollipop di atas anda tidak perlu ribet melakukannya. Notifikasi akan senantiasa muncul di layar gadget meskipun anda sedang di home screen maupun sedang mengoperasikan aplikasi lain. Mungkin untuk beberapa pengguna baru akan beranggapan bahwa ini malah mengganggu kenyamanan mereka.

3D Recent App

Pada versi sebelumnya pernah ditampilkan versi 2 dimensi, maka untuk versi Lollipop ini akan mendapati tampilan 3D saat anda mulai menekan navigasi Recent App. Tampilannya kurang lebih menyerupai multitab yang terdapat pada browser Chrome di Android.

Support 64 Bit

Sepert sumber berita yang lainnya, sempat beredar tentang keberadaan dukungan 64 bit yang dibuat Qualcomm pada chip Snapdragon 808 dan 810. Keberadaan 64 bit ini mampu memberikan beberapa manfaat, seperti jumlah RAM yang bisa diperbesar sehingga proses eksekusi aplikasi menjadi lebih cepat. Selain perubahan – perubahan yang disebutkan di atas, ada juga perubahan lain yang mendukung GPU kelas atas seperti tesselation, computer shaders, geometry shaders dan ASTC texture compression. Terdapat juga perubahan dalam hal lainnya seperti Bluetooth 4.1, USB audio, Android TV, dan Android Auto yang secara tidak langsung akan disejajarkan dengan Apple CarPlay. Mengusung Android versi 5.0, muncul pertama kali sebagai Android permen dengan banyak fitur keren yang belum tersedia pada versi sebelumnya dan mengubah tampilan interfacenya sehingga seperti membawa angin segar dalam sisi fitur dan performa yang lebih bagus.

Material, User Interface Baru

Perbedaan pertama yang akan anda temui adalah wajah barunya. Sesuai dengan namanya, tampilan versi permen tersebut di atas adalah lebih berwarna ketimbang versi coklat. User Interface yang penuh warna ini dikenal sebagai desain Material. Penuh warna di sana – sini tetapi tidak begitu norak, karena mengusung desain flat yang sedang tren – trennya. Dengan tambahan sedikit sentuhan animasi serta efek bayangan, maka akan membuat tampilan desain flat menjadi kaya warna serta terasa lebih nyaman saat anda aplikasikan.

Semoga bermanfaat !

Baca Juga : Samsung Galaxy Beam, Smartphone Modal Projector Dengan Spesifikasi Harga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme