Refreshing Dan Camping Di Gunung / Bukit Ambawang 

Apabila anda suka dengan kegiatan hiking atau camping, bukit ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah dan masih alami. Namun, apakah masyarakat pesisir Kalimantan Barat mulai dari Pontianak hingga Sambas hanya memiliki Bukit Jamur sebagai tujuan wisata alam ? Sebenarnya ada banyak bukit atau gunung yang berdekatan dengan Pontianak dan sekitarnya yang relatif tidak sulit untuk didaki bisa anda manfaatkan untuk acara berlibur.

Berikut Ini Adalah Ulasan Singkat Tentang Keindahan Alam Gunung Atau Bukit Ambawang Sebagai Tujuan Camping

Gunung atau disebut juga Bukit Ambawang terletak di Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya. Gunung ini berketinggian sekitar 400 mdpl, meskipun tidak tinggi, puncak gunung Ambawang relatif sering diselimuti kabut tebal. Untuk yang senang dengan petualangan, gunung Ambawang bisa jadi salah satu tempat pilihan untuk hiking. Bagian puncak gunung Ambawang cukup terbuka sehingga kita bisa melihat pemandangan yang indah dari atasnya. Menurut masyarakat setempat kita bisa melihat sebagian kota Pontianak jika cuacanya cerah.

Di gunung ini banyak terdapat air terjun, salah satunya disebut Air Terjun Bujang Bahar yang berdekatan dengan objek wisata Batu Wangkang. Rute untuk untuk menuju ke Gunung Ambawang adalah dari Kota Pontianak menuju Rasau Jaya, sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor pribadi dengan dibantu oleh seorang pemandu wisata karena tidak ada kendaraan umum yang melayani rute menujut Gunung Ambawang. Dari Rasau Jaya, anda menyeberang sungai dengan memakai sampan bermotor. Selanjutnya, ikuti jalan desa dan jalan perkebunan kelapa sawit dan hutan – hutan kecil, di sini agak sulit untuk mencari tanda penunjuk jalan karena terlalu terpencil, karena itu anda harus sering – sering bertanya kepada penduduk sekitar untuk selamat sampai ke desa yang berada di kaki gunung. Dari kaki gunung, pendakian dimulai melalui jalur yang aman dan nyaman, jika anda takut tersesat, sebaiknya ajaklah seorang pemandu wisata yang sudah cukup mengenal dengan baik lokasi wisata Gunung / Bukit Ambawang.

Gunung Ambawang merupakan gunung terpanjang pertama yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Dengan area yang cukup luas tersebut, membuat Gunung Ambawang memiliki beberapa tempat pariwisata  yang indah untuk dikunjungi yakni puncak gunungnya yang terlihat jelas dari Desa Ambawang, air terjun yang juga ada di pinggir area pedesaan yang ada di desa yang sama, dimana orang – orang sering menyebutnya dengan nama populer yaitu Air Terjun Wangkang, tak jauh dari sini terdapat tempat yang sebenarnya adalah pertambangan tanah merah tetapi dalam hari – hari tertentu para penggunjung lokal maupun dari luar pulau sangat senang sekali jalan – jalan ke sana.

Batu masjid tepat berada di Desa Sungai Bemban Timur dimana merupakan objek wisata alam yang terlihat unik yakni merupakan sebuah batu berukuran besar sabagai objek wisata spiritual yang diperkirakan adalah batu zaman purba, berwarna hitam mengkilap nan eksotik. Meskipun masih termasuk kawasan wisata yang masih perawan dan jarang dikunjungi oleh turis asing, sebenarnya cukup banyak sekali pariwisata di Gunung Ambawang ini yang bisa anda nikmati, namun belum banyak yang mengetahui keindahannya dikarenakan pemerintah setempat yang hingga saat ini belum membantu masyarakat setempat untuk mengelolanya menjadi berkembang agar lebih baik untuk menjadikan gunung ini sebagai salah satu tempat tujuan wisata alam Kubu Raya.

Gunung Ambawang adalah sebuah gunung yang tepat berada di sebelah selatan ibukota Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Pontianak. Gunung terbesar ini dikelilingi oleh beberapa desa yang dilaluinya, yakni Desa Ambawang yang dihuni oleh suku asli daerah pegunungan tersebut, yakni Suku Dayak. Selain itu terdapat desa – desa adat lain yang berada di kaki pegunungan yakni Desa Ambawang Laut yang berlokasi tepat di dekat Sungai Kapuas, Desa Sungai Bemban Timur, Sungai Beban Barat, Desa Sembuluk, dan sebagainya.  Meskipun sekilas pandang gunung ini terlihat seperti sebuah bukit kecil, namun memiliki ketinggian mencapai seribu meter, sebagai persyaratan internasional yang layak dikatakan sebagai sebuah gunung, tetapi warga setempat lebih suka mennyebutnya sebagai Gunung Ambawang dibandingkan Bukit Ambawang. Warga di sekitarnya memang menyukai memanggil Gunung Ambawang di karenakan mereka sudah terbiasa dengan istilah tersebut yang diakibatkan oleh kebiasaan atau panggilan dari nenek moyang mereka terdahulu. Di perkirakan Gunung Ambawang ini memiliki ketinggian sekitar 700 – 850 meter, pada tahun 2000 Gunung Ambawang diteliti memiliki sebuah minyak yang terkandung di dalamnya, tetapi ternyata minyak tersebut adalah minyak mentah alias masih membutuhkan proses lebih lama untuk selanjutnya bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Memilih Tenda Untuk Berkemah / Camping

Erat hubungannya dengan penjelasan dari kami tersebut di atas, Gunung / Bukit Ambawang kian hari semakin populer dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam yakni camping. Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, semisal memilih tenda untuk berkemah / camping yang akan dilakukan di pinggir hutan – hutan kecil yang banyak ada di sekitar Gunung / Bukit Ambawang.

Langkah pertama adalah perhatikan tinggi tenda yaitu untuk tenda yang dipakai pada kegiatan pendakian disarankan menggunakan tenda yang konstruksinya rendah yang bertujuan  untuk menghindari tiupan angin yang lebih kencang di daerah puncak pegunungan, jadi apabila anda memutuskan akan melakukan pendakian gunung untuk acara berkemah dan ingin memilih tenda yang tepat, maka disarankan membawa tenda dengan ketinggian sekitar 1 meter atau 40 inch.

Seperti yang biasa anda lihat, turis asing rata – rata cenderung memilih tenda 1 meter bahkan lebih rendah, dimana hal ini disebabkan karena semakin tinggi tenda akan menyebabkan daya tangkap angin menjadi lebih besar. Tenda rekonstruksi rendah, cocok diaplikasikan untuk daerah camping berangin yang biasa menjadi tempat favorit untuk pendakian dan berkemah.

1.Bahan Tenda

Disarankan untuk melakukan pemilihan bahan tenda dengan teliti sebelum melakukan kegiatan berkemah / camping. Untuk berkemah / camping pada kegiatan pendakian hendaknya memilih bahan – bahan tenda yang terbuat dari nylon dan hindari memilih tenda yang terbuat dari kain katun, karena di daerah gunung yang tinggi, kondisi lembab akan menjadi semakin lembab dan sangat dingin jika memakai bahan seperti ini, namun untuk kegiatan camping di daerah panas atau kegiatan perkemahan / camping ground yang cenderung berudara kering, tenda boleh terbuat dari katun.

2.Bentuk Tenda

Hindari menggunakan tenda yang pintunya keluar dari depan dan besar, karena pada bagian ini rentan menjadi serangan angin, carilah tenda yang kokoh untuk didirikan jika daerah tujuan camping adalah daerah berangin.

3.Ruang Penyimpanan

Seperti layaknya anda sedang berada di rumah, sebagai pertimbangan lain, sudah sewajarnya mulai memikirkan tentang tenda yang memiliki teras, selain sebagai tempat penyimpanan barang dengan aman dan nyaman, teras ini bisa dimanfaatkan sekaligus sebagai dapur ketika memasak yang tidak memungkinkan dilakukan diluar tenda.

4.Kepraktisan

Disarankan untuk memilih tenda yang praktis dalam proses mendirikanya, jangan pilih tenda yang terlalu ruwet yang nantinya berdampak buruk pada energi dan waktu yang dibutuhkan.

5.Bobot Dan Dimensi

Tenda yang baik adalah terlihat dari ukuran tenda saat sudah di packing, tenda yang lebih ringan dengan ukuran yang kecil saat dilipat akan mempermudah anda yang menggunakan carrier. Lain halnya apabila anda menggunakan tenda untuk beregu di kelompok Pramuka, tenda dengan kapasitas besar tentulah lebih bagus untuk dipilih. Meskipun demikian, jika memang ada tenda yang lebih ringan namun cocok diaplikasikan pada kondisi ini maka disarankan untuk memilihnya.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah jahitan tenda, kondisi dan perlindungan bagian atap, jika ada tenda yang memiliki 2 lapis perlindungan maka sangat baik untuk digunakan kelompok Pramuka yang sedang berkemah dalam kondisi hujan.

Merencanakan Menu Makanan Untuk Camping

Selain memperhatikan secara detail persiapan perlengkapan anda buat camping khususnya terhadap tenda, jangan lupa persiapkan menu makanan karena menu makanan untuk camping memegang peranan yang sangat penting harus tersedia yang termasuk terhadap kecukupan gizi.

Berikut beberapa tips menyiapkan menu makanan untuk camping.

  1. Planning
  2. Dimanakah lokasi perkemahan akan diselenggarakan (apakah mudah untuk mengakses atau terpencil, dataran rendah atau dataran tinggi, dataran tingkat atau permukaan berbatu) ?
  3. Berapa lamakah anda akan berada disana (apakah akhir pekan, 1 minggu, atau 1 bulan) ?
  4. Antisipasi cuaca di camp (apakah sedang musim hujan, salju, angin, atau musim panas) ?
  5. Apakah ada sumber air yang dekat (dengan sungai, danau, atau keran) ?
  6. Apakah jumlah dan jenis makanan yang tersedia terbatas pada hal – hal di sekitar camp (karena disana akan banyak ada binatang buas yang menyebabkan makanan anda sulit disembunyikan atau akan menempuh sebuah perjalanan yang cukup jauh) ?
  7. Bagaimana anda akan membawa makanan ke kamp ?

Jawaban untuk pertanyaan – pertanyaan tersebut di atas akan membantu anda untuk merencanakan menu yang tepat di dalam area perkemahan.

2. Idealnya jenis makanan tersedia

Buah – buahan dan sayuran yang mudah buat disimpan dan dibawa kemana – mana. Juga jenis makanan ini tahan lama (labu siem, kentang, wortel, terong, jengkol bagi yang doyan, dll).

Beras, bubur, sereal termasuk oatmeal. Sereal termasuk makanan yang mudah disimpan dalam kantong dan dibawa kemana – mana. Oatmeal sehat dan bagus saat sarapan pagi. Bubur ayam banyak dijual sachetan, kacang ijo juga bisa dibawa kemana – mana walaupun sebelumnya anda harus memasaknya agak lama. Bubur sumsum juga cocok dimakan apalagi pada waktu malam hari dengan api unggun.

Ikan dan daging rasanya enak dan gurih dimakan kalau anda sedang mengikuti acara kemping, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara membawanya. Apabila anda tidak dapat menyimpannya dengan benar maka hindari membawa kemana – mana. Disarankan untuk memasak terlebih dahulu (seperti rendang, ayam ungkep, dll), kalau ikan lebig baik membawa ikan asin atau cumi – cumi dan udang asin dengan sambel botolan.

Minuman, ada beragam jenis mulai dari teh, kopi, bandrek, jus – jusan, dll. Kopi sachetan dibawa dari jenis kopi murni, teh manis, aneka jus botolan, atau minuman bersoda untuk diminum di puncak.

Sediakan snack : buat camilan ringan di jalan seperti roti, agar – agar, chiki tergantung seleranya masing – masing. Jangan lupa menyediakan kantong sampah dari tas kresek plastik, karena dalam perjalanan pendakian di sekitar area camping, selalu ada kebutuhan untuk membuang sesuatu / sampah, biasakan hidup bersih di kota maupun di alam terbuka.

3. Hal – hal lain soal makanan yang perlu dipertimbangkan

Terlebih dahulu siapkan apa saja yang akan dibawa. Taruh sereal dan havermut dalam kantong individu. Daging berbumbu dapat dimasak di rumah dan disimpan dalam wadah zip – lock. Bumbu – bumbu seperti bawang, cabe, dll dibersihkan dahulu lalu simpan pada wadah plastik yang kedap udara untuk menjaga kesegarannya. Pikirkan tentang perlengkapan memasak di sana apakah anda perlu panci dan wajan, berapa jumlah kompor yang dibawa atau alumunium foil. Selanjutnya bagaimana anda akan membersihkan peralatan dan area memasak, nanti.

4. Menu wajib ada

  • 3 kali makan per hari (sarapan, makan siang, makan malam),
  • 1x snack / hari,
  • Banyak air. Jika berdekatan dengan sumber air di daerah itu, akan memudahkan anda untuk pemenuhan kebutuhan. Jika anda harus membawa air sendiri maka antisipasi dengan memerlukan 10 liter per hari per orang,
  • Gelas / piring / peralatan, bawa seperlunya saja ( 2 in1 plate & glass ).

Yang Perlu Anda Ingat

  1. Perencanaan menu kamp membutuhkan waktu,
  2. Meminta pendapat orang lain,
  3. Hindari membawa jenis makanan yang sulit untuk disimpan pada suhu tertentu sehingga mudah rusak. Lebih baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh daripada risiko jatuh sakit.
  4. Rencana untuk menyimpan makanan pada saat anda jauh dari perkemahan adalah dengan memperhatikan apakah ada hewan liar lainnya yang mungkin tertarik dengan makanan anda (beruang, macan, semut, dll),
  5. Hitung berapa kalori yang akan anda keluarkan lalu imbangi dengan jumlah kalori yang anda akan masukkan.
  6. Gizi yang seimbang akan menyebabkan fisik anda selalu fit.

Demikian kami menjelaskan, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Pesona Temaram Senja Berbagai Negara Dari Kapal Pesiar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme