Serunya Camping Bersama Keluarga Saat Libur Sekolah

Melakukan kegiatan wisata di alam terbuka seperti tidur dalam kemah yang dilakukan bersama keluarga dan teman – teman ternyata sangat mengasyikkan dan diharapkan akan menjadi pengalaman berharga buat anak – anak apalagi dilakukan ketika musim liburan sekolah tiba. Membiarkan anak – anak anda begitu saja di dalam rumah tanpa melakukan aktifitas khusus saat liburan yang cukup panjang tiba tentunya akan membuat mereka merasa bosan akhirnya pergi ke pusat perbelanjaan menjadi pilihan kedua untuk menghabiskan masa liburan yang kadang – kadang justru menjadikan mereka konsumtif atau boros berbelanja benda – benda yang kurang bermanfaat. Namun, bagi orangtua yang tergabung di Komunitas APMA (Aktivitas Pencinta Museum Dan Alam), pusat perbelanjaan tidak termasuk ke dalam hitungan untuk menghabiskan masa liburan. Meskipun di pusat perbelanjaan ada banyak hal yang bisa mereka lakukan selain belanja, namun ujung – ujungnya adalah akan mengajarkan anak – anak bersifat konsumtif.

Liburan kali ini akan lebih bergairah jika kegiatan camping dipilih para anggota APMA untuk mengisi masa berlibur yang cukup panjang. Camping Ground Agrowisata Gunung Mas sering menjadi lokasi menarik. Sekitar 30 peserta yang terdiri dari para orangtua, anak – anak, bahkan ada yang mengajak kelompok manula yang masih sehat guna memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Juni atau Juli terutama pada hari Jumat dan berakhir di hari Minggu. Kegiatan ini disambut antusiasme oleh para peserta yang mengikuti acara camping. Mendirikan tenda bersama, mengambil air di sungai atau telaga / pancuran, mencuci peralatan memasak merupakan kegiatan yang seru bagi mereka dimana tak ada lagi asisten rumah tangga, semua dilakukan bersama ayah, bunda dan anak – anak yang saling bahu – membahu.

Ketika pagi menjelang, sejumlah agenda telah mereka siapkan dibantu oleh seorang pemandu wisata. Olahraga bersama – sama selanjutnya dilakukan dengan acara tea walk, berkeliling kebun teh dengan menempuh jarak sekitar dua kilometer. Selama berkeliling, sang pemandu wisata tak henti – hentinya memberikan penjelasan tentang proses penanaman teh hingga dewasa dan diakhiri dengan proses bagaimana pemetikan dilakukan. Kegiatan pagi hari diakhiri dengan mengunjungi pabrik teh yang dikelola oleh PTP Nusantara VIII. Menjelang siang, acara ditutup dengan mengajak anak – anak berkumpul di tenda – tenda darurat di pinggir kebun untuk berbagi cerita tentang apa saja yang mereka lihat dan rasakan baru saja sambil melepas lelah. Hal ini bertujuan untuk mengajak anak – anak berani berbicara dimuka umum dan mengeluarkan pendapat mereka serta anak – anak sejak dini diajak untuk bertanggung jawab menjaga lingkungan alam.

Tips Memilih Lokasi Camping Yang Tepat

Camping merupakan salah satu kegiatan paling menyenangkan dilakukan di dunia ini, dimana anda tinggal memilih tempat camping yang aman dan nyaman adalah salah satu hal yang sangat penting dilakukan jika anda ingin mendapatkan pengalaman camping yang mengesankan. Tapi, bagaimana cara memilih tempat camping yang sesuai dengan harapan, sehingga kegiatan anda berlangsung seru ?

Beberapa penjelasan berikut ini mungkin bisa membantu anda.

Keteduhan. Keteduhan adalah faktor utama yang mesti anda perhatikan ketika akan memilih salah satu lokasi camp, selain memperhatikan permukaan tanah. Pada malam hari, keteduhan memang tidak begitu diperlukan, tapi bangun pagi lewat dari jam 7 akan menyebabkan tubuh anda lemas. Apalagi jika hari sebelumnya anda habiskan untuk mendaki dan menemukan lokasi camping, tenda akan menjadi sangat panas dan kurang nyaman untuk dimasuki. Anda perlu keteduhan, tapi perhatikan juga apa saja yang menjadi peneduh tersebut. Hindari membangun tenda di bawah batang pohon yang sudah mati, hindari tempat di dekat tebing yang mudah menjadi sasaran bebatuan terjatuh dari atas tebing, dan jika camping di pantai, hindari tempat – tempat di bawah pohon kelapa yang banyak buahnya.

Luas Ruang. Setelah permukaan tanah, peneduh dan privasi, perhatikan tentang luasan area camping anda. Jika anda camping sendiri atau hanya dengan mengajak beberapa orang teman, hanya dibutuhkan sedikit ruang saja. Tapi jika anda camping beramai – ramai, tentu membutuhkan lebih luas area. Dua hal utama yang perlu diketahui dalam menentukan luasan area tenda adalah ruangan untuk tenda dan ruangan untuk dapur / memasak. Kedua hal ini wajib ada dan harus memiliki jarak yang aman. Jika ada kegiatan lain yang ingin anda lakukan, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun anda sedang camping, bukan berarti anda harus mengubah cara hidup dan rela meninggalkan seluruh kenyamanan seperti di rumah.

Permukaan Tanah. Menentukan dimana anda akan tidur yang aman dan nyaman adalah keputusan paling penting wajib diperhatikan saat anda memilih lokasi untuk camping. Pastikan untuk memilih lokasi yang datar dan rata. Tanah yang miring akan menyebabkan anda kurang nyenyak tidur dan bisa terbangun di malam hari karena posisi tubuh yang terlalu sering bergeser ke bawah. Tanah yang tidak rata juga kurang nyaman untuk tubuh anda. Dimana diketahui bahwa dalam kegiatan pendakian gunung, tidur haruslah berkualitas. Tidur berkualitas dimulai dari tempat tidur yang baik.

Perhatikan Apa Yang Ada Di Sekeliling ? Alam liar adalah tempat yang sekilas pandang terlihat sangat random dimana anda akan relatif sering berhadapan dengan bahaya apalagi lokasinya berada di pinggir hutan. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan sekeliling area camping. Saat membangun tenda, lihat sekeliling lokasi, adakah bahaya yang akan berpotensi mengancam keselamatan anda ?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Adakah jalur binatang buas di dekat lokasi,
  • Camping di dekat sumber air lebih disarankan yang akan memberikan keuntungan tapi usahakan untuk mengecek lokasi tersebut sebelumnya, bukan tempat yang biasa digunakan oleh hewan liar yang berbahaya untuk minum,
  • Periksa apakah lokasi camping berpotensi banjir,
  • Adakah sarang serangga berbahaya di sekitar lokasi camping, dimana diketahui bahwa serangga yang berbahaya misalnya lebah, tawon, semut, dan yang lainnya jarang diperhatikan namun seringkali justru dapat menimbulkan masalah yang sangat mengganggu yaitu ulat bulu / kalajengking dan semut merah,
  • Carilah tempat yang mempunyai pelindung untuk menghindari adanya angin kencang atau badai, bisa pohon – pohon tua dengan batang yang kokoh atau batu besar yang kuat, tenda yang bergoyang – goyang saat anda sedang ingin tidur sangatlah kurang menyenangkan.

Privasi

Beberapa orang memang ada yang menyukai keramaian, bahkan saat camping. Lokasi camping dekat dengan lokasi kelompok camping lainnya juga akan meningkatkan rasa aman dan nyaman. Tetapi disarankan untuk memilih lokasi dengan suasana yang tenang, jauh dari keramaian dan kelompok camping lainnya. Jika anda termasuk pencari ketenangan, maka ambil jarak yang cukup dengan lokasi camping kelompok lain. Karena jika terlalu dekat maka mungkin akan menyebabkan suasana camping menjadi kurang nyaman ( awkward ).

Terakhir adalah saat anda akan memilih lokasi untuk camping, perhatikan untuk tetap berpikir sehat tentang apa saja yang lainnya akan anda butuhkan. Berapa orang yang ikut serta, jenis aktifitas yang akan dilakukan nanti, akses jalur jalan raya besar dekat dengan perkampungan penduduk, atau sumber air terdekat, semua faktor ini dapat menjadi penentu seberapa bagus area camping anda nanti sehingga anda bisa keluar untuk jalan – jalan menuju alam liar, bersenang – senang, tapi tetap memprioritaskan keselamatan dan pastikan anda untuk tetap meninggalkan lokasi camping dalam kondisi bersih seperti ketika anda baru mendatanginya.

Sehat Dan Awet Muda Dengan Camping ?

Kegiatan camping pada saat ini telah menjadi kegiatan favorit yang mulai disukai dilakukan oleh banyak orang untuk refreshing, menyegarkan pikiran, atau menemukan inspirasi bahkan sudah menjadi paket wisata untuk anak – anak dan kelompok pelajar. Banyak turis asing yang melakukan kegiatan ini seperti di Amerika Serikat diperkirakan setiap tahun sekitar 40 juta orang melakukan camping. Camping adalah salah satu kegiatan luar ruangan yang sangat cocok untuk dilakukan guna menikmati alam, meskipun hingga saat ini banyak diantara turis asing tersebut yang belum benar – benar tahu tentang apa manfaat yang bisa anda peroleh dari camping.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa camping bisa bermanfaat sebagai salah satu kegiatan yang cukup menyehatkan dilakukan di luar ruangan. Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa kami jelaskan, mengapa camping sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Menghubungkan kembali siklus tidur anda dengan alam

Sejak ribuan tahun yang lalu, manusia berjalan seirama dengan perkembangan alam semesta dan kondisi biologis tubuh manusia tersebut, dimana hal ini erat kaitannya dengan waktu tidur yang kadang – kadang menjadi salah satu masalah yang cukup krusial bagi beberapa orang karena waktu tidur yang kurang memadai, tidak nyaman atau mengalami gangguan tidur, misalnya insomnia akan menyebabkan kegiatan camping anda menjadi terganggu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang terbiasa tidur dengan mengikuti jam alam ( matahari ) akan memperoleh tidur yang lebih berkualitas, dimana kondisi ini sesuai dengan ajaran Rasulullah yang menganjukan untuk tidur segera setelah anda melihat langit benar – benar gelap selepas waktu isya hingga menjelang fajar terbit.

Kesempatan untuk berolah raga

Kegiatan camping walaupun tidak semuanya, tapi sebagian besar diantaranya melibatkan aktifitas fisik yang cukup mengeluarkan keringat. Aktifitas fisik tersebut dapat menjadi salah satu sarana untuk olah raga anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Olah raga yang bisa kita lakukan saat camping adalah berjalan kaki, mendaki gunung atau bukit, berenang, atau bersepeda.

Menjauh dari sinar artifisial

Camping di tempat yang jauh dari keramaian seperti daerah hutan dan area pegunungan akan membantu anda untuk benar – benar bisa menghindarkan diri sejenak dari paparan sinar artifisial. Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar artifisial yang terjadi pada waktu malam hari mungkin akan dapat memicu terbentuknya penyakit kanker payudara atau penyakit berbahaya lainnya. Mekanisme ini erat hubungannya dengan produksi melatonin tubuh.

Mengurangi stress

Stress merupakan salah satu pemicu munculnya berbagai masalah kesehatan kronis yang menyerang pikiran manusia yang berakibat tubuh menjadi lesu, maka dari itu sangat penting bagi anda untuk bisa sedini mungkin menangani stress. Keheningan di sekeliling area camping saat anda melakukan kegiatan tersebut dapat membantu anda untuk bisa menemukan ketenangan diri. Selanjutnya, anda dapat mengatasi stress dengan cara yang lebih efektif.

Beberapa manfaat camping tersebut di atas diharapkan bisa mengantarkan anda pada hidup yang lebih bermanfaat, sehat dan meningkatkan banyak harapan di masa depan. Kondisi tubuh yang sehat akan menyebabkan anda menjadi lebih awet muda dengan vitalitas yang cukup tinggi. Siapkan waktu luang anda untuk dapat berangkat pagi hari ke lokasi camping dimana anda bisa mendekatkan diri dengan alam liar. Selamat mencoba !

Baca Juga : Refreshing Dan Camping Di Gunung / Bukit Ambawang 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme