Situ Cilembang, Surga Biru Yang Tersembunyi Di Tanah Sumedang

Situ Cilembang, Surga Biru Yang Tersembunyi Di Tanah Sumedang – Sama seperti kawasan wisata di Pantai Tiga Warna yang terletak di Kota Malang dan Tebing Keraton di Bandung, Situ Cilembang saat ini mendadak terkenal karena jejaring sosial. Dimana kawasan tersebut dikelola oleh pemuda karang taruna setempat agar keindahan alam di sekitarnya terjaga keasliannya dan tetap masih alami. Sampai saat ini, para pengunjung yang liburan kesini tidak dikenakan biaya masuk, mereka hanya diminta membayar biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Yang perlu anda perhatikan ketika sampai di sini adalah anda dilarang keras untuk mandi dan berenang di danau. Kalau ingin mencoba kesegaran airnya, maka cukup cuci muka saja karena danau ini merupakan sumber air minum bagi warga setempat.

Selanjutnya, acara liburan anda bisa diisi dengan menikmati pemandangan dasar danau yang sangat indah dengan ikan danau yang jinak – jinak liar dan kura – kura air tawar yang berkeliaran di dalamnya. Udara yang sejuk dengan pepohonan asri yang mengelilingi danau juga turut membantu menjadikan pikiran lebih rileks.

Danau Cilembang tersembunyi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Danau ini memiliki kedalaman sekitar tiga meter dengan airnya berwarna biru dan sangat jernih serta bersih. Danau yang tidak terlalu lebar ini belum banyak dikenal oleh para pelancong beberapa tahun belakangan. Para pengguna jejaring sosial yang menjadikan tempat ini terkenal sebagai objek wisata air di Jawa Barat. Kini wisatawan dari luar provinsi hingga turis mancanegara mulai berdatangan untuk menyaksikan sendiri keindahannya.

Wisata danau dengan pemandangan kolam alami yang unik ini mempunyai banyak nama dari pemberian netizen, antara lain Sirah Cilembang, Situ Cilembang, dan Danau Biru Hariang Cilembang. Ada juga yang menyebutnya Labuan Cermin Sumedang, karena kejernihan airnya seindah danau Labuan Cermin di Biduk – Biduk, Kalimantan Timur yang terkenal memiliki air berwarna biru jernih.

Tarif Situ Cilembang, Sumedang 

Sebagai salah satu tempat wisata yang baru dikenal, tak ada tarif spesial untuk masuk ke Situ Cilembang. Sekarang ini yang ditarik hanya berupa tarif parkir kendaraan wisatawan sebesar dua ribu rupiah saja.

Rute Ke Situ Cilembang, Sumedang

Untuk anda yang datang dari Bandung atau Jakarta, bisa ke lokasi tujuan dengan terlebih dahulu menuju ke Kota Sumedang. Apabila belum mengenal rute ke Kota Tahu itu, ambil rute lewat Tol Padaleunyi lalu keluar dari pintu Tol Cileunyi. Lanjutkan kendaraan anda ke Jatinangor, lantas Tanjungsari, hingga sampai melalui Cadas Pangeran yang legendaris berakhir di Kota Sumedang.

Rute alternatif yang lain bisa diambil apabila anda datang dari Bandung dengan membawa sepeda motor, yakni lewat Jl. Soekarno – Hatta, lantas ke Bundaran Cibiru, lalu lanjut ke Cileunyi, Jatinangor, Tanjungsari, berakhir di Sumedang. Dari Sumedang, perjalanan dilanjutkan menyusuri Jalan Raya Bandung – Cirebon, lalu belok kiri menyusuri Jalan Cimalaka. Rute – rute yang perlu anda hafal setelahnya adalah Jl. Cimalaka yaitu Jl. Tanjungkerta, Cigarukgak, lantas Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang. Jarak yang dibutuhkan dari Bandung ke Situ Cilembang lebih kurang 80 – 90 km dengan medan jalan yang beragam. Jika bebas macet maka jarak tempuh dari Bandung sekitar 3 – 4 jam.

Beningnya Air Situ Cilembang 

Keindahan Situ Cilembang terletak pada airnya yang berwarna biru seperti langit saat musim panas dibeberapa negara di Eropa, namun yang sesungguhnya warna sejati dari Situ Cilembang adalah jernih bersih sehingga cocok dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang mungkin diharapkan mampu mendongkrak potensi wisata alam daerah setempat,  Situ Cilembang akan berada di bawah pengawasan Pemerintah Kabupaten Sumedang, dimana dari berbagai sumber menjelaskan, ada wacana bahwa tempat ini akan dibuka untuk umum sebagai salah satu tempat wisata unggulan Kota Tahu, karena setiap bulan jumlah kunjungan wisatawan meraih beberapa puluh orang sehari – harinya. Selain fasilitas berupa jalan beton selama 300 meter, Pemkab Sumedang juga akan membenahi lokasi ini agar tujuh hal penting untuk menunjang kelancaran daerah tertentu menjadi sebuah kawasan wisata terwujud yakni teratur, bersih, sejuk, indah, ramah, aman, serta memberi kesan mendalam. Para pengunjung hanya perlu mengingat satu hal yaitu janganlah bertandang ke mata air ini pada hari Selasa dan Jumat.

Situ Cilembang adalah sebuah mata air alami yang terkumpul dalam jumlah banyak hingga akhirnya membentuk sebuah kolam besar menyerupai danau kecil dengan warna biru air yang begitu unik seperti cermin dan bersih. Apabila anda bersedia mengikuti peraturan yang ada, maka akan membuat tempat ini menarik untuk dipandang dari atas bukit dengan dikelilingi oleh hutan kecil yang dipenuhi oleh puluhan bunga anggrek liar.

Disarankan untuk mengunjungi tempat ini dengan menggunakan alas kaki yang kuat. Seperti sepatu sendal gunung, sepatu olahraga atau bahkan sepatu gunung karena anda akan memerlukan sedikit trekking melewati jalan – jalan setapak cukup terjal sejauh 50 meter dengan kondisi kadang – kadang cukup licin ketika musim hujan. Anda juga akan melewati jalan aspal sekitar 100 meter lalu menyebrang area bebatuan diantara aliran air sungai yang dangkal dan tenang berasal dari Sungai Situ Biru. Meskipun lokasinya berada agak ke dalam hutan tapi kondisi ini justru menjadikannya sebuah tantangan tersendiri bagi anda yang suka bertualang.

Jenis Bunga Anggrek Terbaik Dan Terindah Di Dunia Ada Disini

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang indah sehingga tak heran jika tanaman hias ini banyak memiliki peminat. Bunga anggrek dikenal memiliki jumlah spesies terbesar dibandingan jenis lainnya diantaranya bunga anggrek merah muda dan ungu yang mudah dijumpai sekitaran hutan lindung yang mengelilingi Situ Cilembung. Seperti diketahui bahwa ada beberapa jenis tanaman bunga anggrek yang termasuk dalam kategori hampir punah atau langka. Jenis bunga anggrek ki aksara atau macodes petola dikenal sebagai tanaman anggrek karena keindahannya terletak pada bagian daunnya yang berwarna hijau mencolok dengan motif kelopak bunga terlihat unik seperti kilatan petir, bunga mempunyai ukuran yang kecil sangat cantik. Anggrek Hartinah memiliki ciri bunga berwarna ungu ditambah dengan perpaduan warna krem nan lembut. Anggrek ini sekarang menjadi langka karena pertumbuhannya yang cukup lama dan rentan terserang kondisi cuaca yang buruk. Anggrek jamrud merupakan tanaman anggrek yang memiliki buah berbentuk kecil dan berbulu layaknya buah rambutan, nama ilmiah anggrek ini adalah dendrobium macrophyllum. Jenis bunga anggrek sendok juga termasuk dalam katergori bunga langka tercantik yang banyak tumbuh liar di hutan kecil sekitar Situ Cilembang. Nama latin anggrek cantik ini adalah spathoglottis zurea. Bunga anggrek sendok dikenal mempunyai keindahan bunga dengan warna kuning cerah tercampur sedikit corak putih dan merah dibagian tengahnya.

Tips Liburan Ke Situ Cilembang

  1. Sebaiknya berkunjung pada waktu liburan yang diambil pada hari biasa untuk menghindari kepadatan pengunjung. Atau hindari datang ketika musim hujan karena jalanan akan rawan basah.
  2. Kalaupun anda terpaksa hanya bisa datang ketika musim sedang hujan, disarankan berhati – hati. Karena sepanjang perjalanan dalam kondisi cukup becek dan licin saat anda lalui. Ketika datang pada saat musim penghujan maka usahakan menggunakan sepatu gunung dan celana panjang guna menghindari gigitan pacet atau lintah yang bisa ditemui di semak belukar.
  3. Jangan berenang. Nikmati keindahan dari Situ Cilembang melalui pinggir danau. Karena selain anda akan merusak kejernihannya ketika berenang, tempat ini adalah sumber air minum terbesar masyarakat sekitarnya.
  4. Jangan lupa bawa bekal makanan, karena mungkin anda akan susah menemukan penjual makanan di sekitar hutan lindung. Simpan sampah anda dalam kantung plastik, jangan dibuang sembarangan, jangan vandalisme, dan hindari merusak tempat wisata ini sekecil apapun bentuknya.

Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme