Standar Grade Mutiara Laut SGML  

Standar Grade Mutiara Air Laut (SGML) adalah istilah standarisasi kualifikasi grade mutiara laut yang saat ini banyak dijual di toko – toko online berlabel Original Mutiara. Sistem standar mutiara laut ini dibuat untuk tujuan mengelompokan spesifikasi mutiara laut berdasarkan atas kualitas dan harganya.

Mutiara laut asli terjadi karena melalui sebuah proses biologis kerang mutiara, dimana terdapat suatu proses alamiah yang menyebabkan mutiara yang akan dihasilkan nanti mempunyai karakter dan ciri yang bervariasi, mutiara laut asli dalam penentuan hasil panennya biasanya bisa diintervensi oleh manusia secara pasti, dengan berfokus pada acuan standar dalam 100 % kerang yang dibudidayakan. Mutiara yang akan dipanen nanti tidak menghasilkan 100 % butir – butir mutiara laut yang mengandung kualitas terbaik, artinya dari 100 % tersebut terdiri atas kualitas dan grade yang berbeda – beda.

Seperti yang anda ketahui bersama bahwa grade mutiara laut dalam masing – masing toko / penjual ofline atau online mempunyai standar dan sistem yang berbeda – beda, karena selama ini belum ada suatu “standarisasi” yang resmi telah berlaku dan terkait untuk mengaturnya secara spesifik, terhitung dan terukur.

Atas dasar ulasan dari kami tersebut di  atas, salah satu toko online terkenal di Indonesia yaitu OriginalMutiara selaku pelaku usaha / stake holder dari perhiasan mutiara Lombok, dianggap perlu untuk membuat suatu standar terhadap barang / produk yang dijualnya, hal ini dibuat bertujuan untuk menyesuaikan persepsi tentang mutiara – mutiara yang nantinya untuk kebaikan bersama antara para pembeli dan penjual.

Standar Grade Mutiara Laut (SGML) ini berlaku terhadap semua toko Online OriginalMutiara, dalam pembuatan rancangan dan sistemnya harus sesuai dan sejalan dengan prinsip – prinsip umum tentang mutiara. Berikut adalah sistem SGML toko online OriginalMutiara.

Suatu keunikan tersendiri merupakan sebuah fakta dari mutiara laut adalah dari sekian banyak butir – butir mutiara laut yang dijual, tidak ada yang identik antara satu dengan yang lainnya, artinya dari antara butir mutiara dengan mutiara lainnya meskipun dalam 1 (satu) induk kerang, dalam 1 siklus panen, dalam 1 lokasi budidaya, dan apapun kesamaan lainnya dalam sebuah proses, tetap ciri : jarang ada yang kembar, tidak ada sebutir mutiara laut yang mempunyai kesamaan kembar antara satu dengan yang lainnya, sama halnya seperti manusia, meskipun kembar pastilah ada ciri yang membedakannya.

Standar Grade Mutiara Laut (SGML) ini berlaku di semua toko online OriginalMutiara, dalam pembuatan rancangan dan sistemnya hatus sesuai dan sejalan dengan prinsip – prinsip umum tentang mutiara.

Berikut Sistem SGML toko online OriginalMutiara.

Penilaian Grade Mutiara Laut

Dalam penentuan grade mutiara yang sudah dipaparkan di atas, ada beberapa kriteria dan penilaian yang dipakai, berikut beberapa indikator dan penilaian grade dan  kualitas dari mutiara laut :

Bentuk Mutiara

Bentuk mutiara yang baik adalah bentuk bulat sempurna tiada cacat (round) merupakan harga termahal dari sekian banyak bentuk mutiara.

Lapisan Mutiara

Lapisan mutiara yang baik adalah mempunyai permukaan yang mulus, pantulan permukaan mutiara yang bersinar dan bersih, tidak berawan, minim spot serta noda / garisan.

Ketebalan Mutiara

Dinding permukaan mutiara yang baik adalah yang mempunyai ciri relatif tebal, tidak tipis, tidak terlihat seperti “pecahan / retakan pada dinding dalam dan luar”.

Warna Mutiara

Warna mutiara yang baik adalah dominan warna yang kuat dan tegas. Artinya kuat dengan salah satu pilihan warna pada butiran – butiran mutiaranya itu sendiri.

Ukuran Mutiara

Ukuran mutiara merupakan salah satu indikator kuat yang mempengaruhi suatu harga mutiara, semakin besar ukuran diameter mutiaranya dengan kriteria point – point di atas terpenuhi  maka harganya semakin mahal.

Grade Dan Penilaian Mutiara Laut

Grade AAA   = baik atau setara dengan grade A = baik.

Ciri dan indikator  :

Bentuk : bulat sempurna ( bahwa asumsi bulat sempurna pada mutiara laut asli berbeda – beda dengan asumsi bulat sempurna dari mutiara palsu buatan pabrikasi ).

Lapisan : lapisan relatif mulus, dengan nilai presentasi minimal tingkat kemulusan 95 % – 100 % dan minim spot dengan jumlah asumsi spot maksimal 3 – 4 titik spot, bebas awan dan garisan pada dindingnya dengan sinar yang berkilau ( pada kategori tertentu, grade AAA / A dengan warna mutiara dove, pantulan sinar kurang ).

Ketebalan mutiara : dinding permukaan mutiara yang tebal dan tidak tipis, suatu treatment untuk mengetahui tentang ketebalan dinding mutiara adalah dengan menyoroti sekeliling mutiara nya memakai center / lampu.

Warna mutiara : indikator warna mutiara laut grade AAA adalah dengan warna yang dominan dan konsisten terhadap satu warna tertentu.  Adapun warna mutiara laut yang umum adalah : gold, softgold, putih, hitam, silver, hijau dan cokelat.

Ukuran mutiara : kriteria ukuran mutiara laut untuk grade AAA dari mulai terkecil dengan ukuran 5 mm s/d 20 mm. Pengukuran diukur dengan asumsi diameter mutiaranya, dari bawah permukaan mutiara s/d bagian atas.

Grade AA   = sedang  atau setara dengan grade B = sedang.

Ciri dan indikator :

Bentuk : bulat sempurna ( asumsi bulat sempurna pada mutiara laut asli berbeda dengan asumsi bulat sempurna mutiara palsu buatan pabrikasi ).

Lapisan : lapisan relatif mulus, dengan nilai presentasi minimal tingkat kemulusan 70 % – 85 % , jumlah spot dengan asumsi spot maksimal 5-10 titik spot, kadang terdapat awan/noda dan garisan pada dindingnya, tetapi tidak parah.  Sinar yang kadang berkilau, kadang tidak berkilau.

Ketebalan mutiara : dinding permukaan mutiara yang agak tebal, terkadang tipis, merupakan suatu treatment untuk mengetahui tentang ketebalan dinding mutiara adalah dengan menyoroti sekeliling mutiara memakai center / lampu.

Warna mutiara : indikator warna mutiara laut dengan grade AA adalah dengan warna yang kadang – kadang dominan konsisten pada satu warna saja.

Ukuran mutiara : kriteria ukuran mutiara laut untuk grade AA dari mulai terkecil dengan ukuran 5 mm s/d 20 mm. Pengukuran diukur dengan asumsi diameter mutiaranya, dari bawah permukaan mutiara s/d bagian atas.

Grade A  = buruk / tidak baik atau setara dengan grade C = buruk / tidak baik.

Ciri dan indikator :

Bentuk : bentuk agak bulat, lonjong. oval ( pada kategori tertentu akan dibahas tentang grade fine / baik itu terhadap kategori bentuk oval / lonjong dengan asumsi kemulusan 95 % ).

Lapisan : lapisan relatif tidak mulus, dengan nilai presentasi minimal tingkat kemulusan sekitar 50 % – 60 % , jumlah spot dengan asumsi kisaran 10 – 20  titik spot, kadang – kadang terdapat awan / noda yang parah dan garisan pada dindingnya, sinar yang kadang – kadang berkilau atau  kadang tidak berkilau.

Ketebalan mutiara : dinding permukaan mutiara yang agak tebal, terkadang tipis. Merupakan suatu treatment untuk mengetahui ketebalan dinding mutiara adalah dengan menyoroti sekeliling mutiaranya dengan center / lampu.

Warna mutiara : indikator warna mutiara laut grade A adalah dengan warna – warna yang kadang dominan konsisten pada satu warna.

Ukuran mutiara : kriteria ukuran mutiara laut untuk grade A dari mulai terkecil dengan ukuran 5 mm s/d 20 mm. Pengukuran diukur dengan asumsi diameter mutiaranya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sistem SGML toko – toko online OriginalMutiara, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme