Taman Di Atap Rumah

Untuk membantu mencegah atau mengurangi tingkat kelajuan pemanasan global di kota – kota metropolitan, anda bisa membuat ruang terbuka yang hijau dengan menciptakan taman di atas atap rumah, gedung bertingkat, hotel maupun perkantoran adalah salah satu cara yang cukup efektif jika anda pandai membuat taman di atap.

Ada beberapa tehnik dalam pembuatan taman di atap rumah yang perlu untuk anda ketahui jika berminat menekuninya. Tahap awal, serahkan pada profesional teknik sipil untuk membenahi struktur bangunan rumah anda. Tahap berikutnya merupakan wilayah tanaman dan yang lainnya menyertai tersebut di bawah ini yang kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Pupuk dan pengairan

Media tanam ataupun lapisan tanah yang diaplikasikan pada roof garden dibuat tipis – tipis saja karena ditujukan untuk meminimalkan bobot yang akan dibebankan pada atap. Maka dari itu, tak jarang tanaman menjadi kekurangan nutrisi sehingga wajib memberikan pupuk tambahan dengan rutin yang jenisnya mudah terurai, dari satu titik ke titik lain di roof  garden. Bila roof garden anda berada pada atap dengan kemiringan yang cukup curam, maka kemungkinan besar air hujan akan cepat terbuang sebelum benar – benar terserap tanah. Untuk itu, anda harus membuat sistem irigasi dimana air bisa dikeluarkan sedikit demi sedikit, namun dalam jangka waktu rutin dan juga untuk mencegah air menggenang di permukaan tanah karena penyerapan yang lambat.

2. Pemangkasan

Meskipun tanaman di roof garden tumbuh menjadi lebih lambat dari taman – taman pada umumnya, bukan berarti anda tidak perlu melakukan pemangkasan terhadap ranting – ranting yang tumbuh berlebihan. Anda tetap harus memastikan bahwa tanaman terbebas dari gulma. Pemangkasan ujung – ujung tanaman yang mulai tua dan layu serta tak berguna juga dibutuhkan agar penyerapan nutrisi tetap optimal.

3. Lapisan membrane

Dalam proses pembuatannya, roof garden selalu dilengkapi dengan lapisan – lapisan membran yang menjaga agar air dari permukaan tanah tidak mudah membasahi permukaan atap bangunan. Ada baiknya lapisan membran dicek secara berkala dan bergantian dari satu petak ke petak lainnya di roof garden anda.

4. Hama

Tanaman harus mendapatkan sinar matahari yang cukup, irigasi yang terjaga, serta tanaman yang mudah terawat tentu membuat roof garden anda menjadi lahan yang menggiurkan untuk serangan hama serangga ataupun tikus. Periksa tanda – tanda kedatangan hama, contohnya daun yang tidak sehat, tidak utuh, kotoran binatang, ataupun adanya sarang. Bersihkan secara berkala guna mencegah penyebarannya atau gunakan obat pembasmi.

Taman di atas atap (roof garden) merupakan salah satu alternatif penghijauan untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan terhadap penghuninya di kota – kota besar. Syarat membuat taman di atas atap sangat mudah dengan memperhatikan tehnik tersebut di atas, minimal luasnya 4×4 meter persegi. Kondisi atap yang rata atau miring tidak masalah meskipun lahan atap yang akan dibuat taman tak ada patokannya. Demikian juga dengan ruang yang ada di bawah taman, bisa bebas dengan strukturnya tidak boleh bocor. Sebelumnya harus dilakukan tes untuk mengetahui kondisi atap benar – benar tidak bocor, atau merembes. Cara pengetesannya adalah siram di atas atap hingga air tergenang. Biarkan dua atau tiga hari. Bila dibagian bawah tidak ada resapan, berarti atap aman, anda dapat melanjutkan pembuatan taman atap. Tetapi, jika muncul rembesan, disarankan untuk segera memperbaiki kondisi atap menjadi bagus.

Taman di atas atap berfungsi sebagai media menambah keteduhan, taman di atas atap (roof garden) juga bermanfaat untuk menyerap gas – gas beracun.

Hamparan diberi tanah dan siap ditanami tumbuhan pilihan. Penanaman diawali rumput, semak, perdu baru tanaman pohon. Untuk dapat mencegah kerusakan lapisan kedap air (water proof layer), lapisan penahan harus diberi tambahan media agar akar tanaman tidak merusak lapisan kedap air dan beton di bawahnya. Pilihlah tanaman yang pas agar sedap dipandang mata.

Semoga bermanfaat untuk anda semua, rumah asri dan nyaman serta terlihat cantik.

Baca Juga : Seri Kursus Memasak : Culinaria Modena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme