Tips Agar Mudah Tidur Di Pesawat

Tips Agar Mudah Tidur Di Pesawat – Perjalanan liburan dengan menggunakan pesawat yentulah sangat menyenangkan untuk anda lakukan. Apalagi jika membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai kota atau negara tujuan, sehingga bagi yang jarang melakukan kegiatan ini tentulah akan merasa bosan serta merasa kurang nyaman. Apabila anda ingin menghilangkan waktu sekaligus memulihkan stamina, maka istirahat merupakan salah satu pilihan tepat. Namun masalahnya adalah tidur di pesawat bukan hal yang nyaman dan mudah dilakukan bagi sebagian orang. Agar mendapatkan tidur yang berkualitas di pesawat, disarankan untuk benar – benar menyiapkan beberapa perlengkapan ekstra seperti headphone, ear plug, selimut, pemutar musik, bantal leher serta penutup mata.

Kami rangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips agar anda mudah tidur di pesawat yang kami sarankan agar kesehatan tubuh tetap prima saat tiba di tempat tujuan :

  1. Jangan lupa ritual anda, maksudnya adalah apabila melakukan penerbangan semalaman, maka siapkan perlengkapan untuk tidur (seperti sikat gigi atau baju ganti) dan menghindari melihat layar handphone.
  2. Kunjungi toko – toko makanan kesehatan sebelum anda take off. Suplemen alami seperti melatonin dan teh sleepytime bisa membantu anda menjadi rileks atau mencoba aromaterapi. Minyak esensial lavender cukup bagus dioleskan pada titik denyut nadi atau digunakan sebagai semprot bantal yang membantu anda bisa tidur dengan lelap.
  3. Mengatur suasana hati. Dengarkan musik yang dapat membantu anda rileks sebelum penerbangan.
  4. Hindari minuman beralkohol dalam penerbangan seperti jauhi kafein dan alkohol. Berlawanan dengan kepercayaan beberapa orang yang suka melakukan traveling, hal tersebut tidak membantu anda lekas tidur.
  5. Gunakan bantal dan selimut. Sangat penting jika anda bepergian membawa bantal dan selimut.
  6. Sebisa mungkin pilih tempat duduk yang aman dan nyaman dengan cara pesan tiket penerbangan jauh – jauh hari.

Buat Diri Anda Rileks Dengan Yoga

Apabila anda terlalu lama duduk di dalam kursi pesawat maka akan menyebabkan sirkulasi darah kurang lancar pada beberapa titik tubuh anda, sehingga rentan terjadi pembekuan darah atau timbul bengkak. Maka dari itu, biarkan tubuh anda merasa rileks sebentar dengan melakukan olahraga ringan atau yoga dari tempat duduk anda di pesawat. Beberapa pose yang disarankan dapat anda coba lakukan di pesawat antara lain yoga chair pose.

Sebuah perjalanan panjang di dalam pesawat bukan berarti halangan berat bagi anda dalam melakukan yoga dari tempat duduk anda di pesawat. Tubuh anda yang kaku karena duduk terlalu lama dengan pose itu – itu saja selama perjalanan panjang perlu dilenturkan kembali dengan mengikuti gerakan – gerakan yoga yang sederhana tetapi powerful. Maksimalkan kesehatan anda selama perjalanan dengan cara menambah konsumsi vitamin D agar terhindar dari serangan pilek dan flu yang kadang – kadang bisa muncul saat travelling

Minum Air Secukupnya

Kekurangan air putih kadang – kadang menyebabkan tubuh mudah mengalami dehidrasi selama perjalanan yang akan menyebabkan badan lemas, sulit berkonsentrasi, dan munculnya sakit kepala. Solusinya adalah perbanyaklah minum air putih agar racun yang ada di dalam tubuh bisa luntur dan juga bisa membantu membuat kulit anda menjadi lebih sehat. Jika anda termasuk seseorang yang mudah ke toilet karena intensitas minum air putih yang cukup tinggi, sebaiknya memilih tempat duduk yang berada di dekat koridor agar aktifitas anda ke toilet tidak mengganggu orang – orang yang duduk di sekitar anda, dibandingkan anda harus meminta izin setiap anda harus ke toilet kepada mereka agar dengan mudah bisa lewat ke koridor menuju toilet. Disarankan agar anda memperbanyak minum air putih sebelum melakukan boarding agar tidak merasa haus saat berada di dalam pesawat terbang. Manfaatkanlah botol – botol air minum kosong yang sudah anda minum sebelumnya untuk bisa diisi ulang oleh pramugari saat berada di dalam kabin, sehingga ketika tiba di kota tujuan, anda tidak perlu membeli ulang air minum.

Hindari Virus Flu Di Tempat Umum

Pada tempat – tempat umum seperti bandara, terminal, ataupun stasiun kereta, seringkali anda bertemu atau berpapasan dengan orang – orang yang sedang mengalami gejala flu dan batuk. Saat akan menemukan hal seperti ini, cobalah untuk menjaga jarak dengan mereka sekitar 2 meter, dengan tujuan agar mengurangi resiko anda rentan tertular penyakit tersebut.

Apabila menurut anda berusaha menjauhi dari orang – orang tersebut belum terlalu efektif, maka cobalah menggunakan masker untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda dari terkena flu. Perbanyak minum vitamin C agar kekebalan tubuh anda terjaga selama liburan.

Hal – hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah perbanyak intensitas cuci tangan, hindari makanan dan minuman di bawah ini sebelum naik pesawat :

1. Makanan rendah garam

Apakah anda tahu bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam akan menyebabkan volume gas di dalam tubuh mudah meningkat, sehingga perut terasa kembung dan nyeri ? Untuk menghindari keluhan tersebut, disarankan memperbaiki pilihan makanan dengan mengkonsumsi makanan ringan rendah garam, seperti sayuran atau buah – buahan segar sehingga dapat menjamin perjalanan anda akan terasa cukup menyenangkan dan sehat tentunya.

2. Protein tanpa lemak

Asupan protein tanpa lemak merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh yang juga berperan sebagai zat yang membantu pembentukan sel – sel baru dalam tubuh, serta mengatur kinerja enzim, hormon, kekebalan tubuh, dan keseimbangan cairan dalam organ tubuh. Sumber protein umumnya berasal dari daging, ikan, susu, keju, dan telur yang mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh agar tetap fit selama perjalanan.

3. Minuman segar smoothie

Smoothie terkenal sebagai asupan gaya hidup sehat saat ini bagi kaum urban di ibukota. Tren orang – orang suka mengkonsumsi smoothie disebabkan karena masyarakat urban semakin menyadari betapa pentingnya mereka mengimbangi asupan konsumsi makanan yang disantap dengan sesuatu yang sidatnya lebih sehat disela – sela waktu luang kegiatan di luar rumah yang biasanya penuh dengan polusi dan tingkat stres cukup tinggi. Terdiri dari bahan yogurt dan buah yang segar, smoothie membantu tubuh agar menjadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi sepanjang perjalanan.

4. Hindari flu dengan jeruk atau lemon

Tempat – tempat umum seperti di bandara biasanya memiliki fasilitas publik yang tidak luput dari bakteri yang rentan menimbulkan penyakit – penyakit seperti diare, flu, atau batuk. Maka dari itu sebelum anda melakukan bepergian, ada baiknya meningkatkan kemampuan tubuh terlebih dahulu untuk menahan segala bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh anda dengan mengkonsumsi vitamin C yang banyak terkandung di dalam buah jeruk atau multivitamin yang saat ini banyak dijual di toko obat – obatan di sekitar bandara. Untuk menghindari dehidrasi, campurkan air lemon dan air putih dengan sedikit gula untuk meringankan rasa lelah dan sakit tenggorokan.

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

Baca Juga : Ternyata Ini Bentuk Bibir Paling Cantik Menurut Penelitian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme