Waspadai Tanaman Hias Beracun Yang Berbahaya Bagi Anak Ini

Waspadai Tanaman Hias Beracun Yang Berbahaya Bagi Anak Ini – Indonesia sejak jaman dulu dikenal sebagai penghasil tanaman hias yang selain bernilai jual cukup bagus juga rata – rata dikenal sebagai tanaman yang berfungsi sebagai taman dengan bunga – bunganya yang menarik atau tanaman dengan bentuk daun dan warna yang memikat. Tanaman – tanaman hias ini dapat bermanfaat sebagai media mempercantik rumah, namun sayang ada beberapa diantaranya yang berbahaya untuk anak – anak yang gemar memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut karena mereka masih terlalu kecil untuk mengetahui tentang bahaya dari tanaman tersebut.

Anak – anak, terutama balita, seperti usianya yang masih sangat belia suka bereksplorasi dengan tangan dengan cara memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya tak terkecuali tanaman – tanaman cantik yang beracun di atas. Gejala keracunan tanaman sangat beragam bentuknya yaitu mulai dari iritasi pada kulit, mulut dan tenggorokan, mual, muntah, kejang – kejang, denyut jantung tidak teratur, hingga kematian.

Meskipun demikian memang tak ada salahnya Parents memiliki taman di pekarangan rumah dimana terdapat beraneka tanaman hias di dalamnya. Tapi ingat untuk selalu waspada menjaga si kecil saat mereka bermain di dekatnya. Kami rangkum dari berbagai sumber, inilah 10 tanaman hias yang memiliki berbahaya bagi manusia terutama anak – anak karena buah dan lendir dalam putik bunga yang harus dihindari !

Creeping Fig

Creeping Ficus (Ficus Pumila), bukan kultivar variegata, merupakan salah satu tanaman hias berupa tanaman berdaun cantik yang memiliki bentuk daun menarik berukuran kecil – kecil. Tanaman ini populer dijadikan sebagai penutup tembok secara alami karena sifatnya yang tumbuh merambat dan menempel. Detail tambahan untuk creeping ficus :

  • Rekomendasi : dataran rendah (cuaca panas),
  • Media tanam menggunakan tanah biasa atau tanah humus,
  • Kebutuhan air sedang, siram 1x dalam sehari,
  • Kebutuhan penyinaran matahari sepanjang hari,
  • Pertumbuhan sedang.

Tingkat kesulitan pembudidayaan :  sedang / pada umumnya biasa dengan ukuran tanaman ketika dikirim sebagai bibit : 20 – 40 cm.

Rhododendron, Kroton / Puring, Krisan Dan Bird of Paradise

Fisik : Strelitzianicolai menyerupai Heliconia. Bunganya unik berbentuk menyerupai kepala burung Cendrawasih di Jayapura yang menjadi alasan utama tanaman hias ini disebut Birds Of Paradise. Tanaman hias ini aslinya berasal dari Afrika Selatan, bisa tumbuh subur dan berbunga sepanjang tahun di Indonesia. Masing – masing bunga mempunyai beberapa kelopak runcing dan tegak lurus, yang muncul dari sebuah kelopak lain yang berbentuk seperti perahu dengan warna kelopaknya adalah perpaduan oranye, biru, kuning – biru, atau putih – biru. Di antara semua jenisnya, Strelitzianicolai adalah yang paling banyak dan mudah tumbuh serta ditemui di seluruh Indonesia. Strelitzianicolai mampu tumbuh hingga setinggi enam meter dan semua jenis tanaman ini memiliki daun lebar yang indah menyerupai daun pisang berukuran mini.

Azalea, Dieffenbachia, Arrowhead Plant, Amarilis Atau Angel’s Trumpet

Apakah angel’s trumpet adalah tanaman berbunga yang juga disebut sebagai brugmansia atau datura. Tanaman yang dikenal di Indonesia ini sebagai bunga atau kembang terompet adalah termasuk tujuh spesies tanaman berbunga dalam keluarga solanaceae (nightshade), yang aslinya berasal dari Amerika Selatan sebagai salah satu tanaman hias tropis. Brugmansia adalah tanaman hias yang populer di dunia. Bunganya sangat menarik dan harum, berbentuk terompet dengan mahkota yang tebal dan mampu tahan lama dalam berbagai warna termasuk putih, peach, kuning dan oren.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, brugmansia memiliki keistimewaan dan kegunaan lain seperti dalam pengobatan modern, alkaloid penting seperti skopolomin, hiosiamin, dan atropin ditemukan dalam mahkota bunga brugmansia dan anggota solanaceae  lainnya, yang telah terbukti ampuh mempunyai manfaat medis untuk antikolinergik, narkotik, obat bius, spasmolitik dan antiasma. Kegunaan eksternalnya termasuk sebagai tanaman herbal yang ampuh buat mengobati sakit dan nyeri, dermatitis, orkitis, artritis, rematik, sakit kepala, infeksi, dan sebagai antiinflamasi yang tersedia dalam bentuk sirup, salep, atau penerapan langsung daunnya secara transdermal pada kulit. Pemakaian secara internal lainnya adalah dalam bentuk pasta cair yang dicampur dengan bahan – bahan lainnya yaitu meliputi pengobatan untuk penyakit perut dan otot, sebagai dekongestan, untuk menginduksi muntah, untuk mengusir cacing dan parasit, dan sebagai obat penenang. Penggunaan secara internal harus konsultasi dengan dokter karena bahaya racun di dalamnya sebagai obat makan yang riskan. Hal ini karena toksisitas tanaman ini sangat tinggi. Seluruh bagian dari brugmansia beracun, dengan biji dan daun yang sangat berbahaya.

Demikian kami mengulas semoga bermanfaat !

Baca Juga : Tips Agar Mudah Tidur Di Pesawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pusat Informasi terbaru © 2018 Frontier Theme